fbpx

15 Sekolah di Depok Rusak

Dinas Pendidikan Kota Depok mengakui terdapat 15 sekolah rusak yang kondisinya mengkhawatirkan. Bangunan sekolah tersebut mayoritas adalah tingkat sekolah dasar (SD).

Kerusakan umumnya diakibatkan oleh kondisi bangunan yang sudah rapuh akibat usia ataupun karena cuaca. Kondisi atap yang bolong serta jebol terjadi di SDN Mekarjaya 13, Kecamatan Sukmajaya. Para murid bahkan harus mengepel lantai saat musim hujan karena ruang belajar tergenang air.

Kerusakan juga terjadi di SDN 01 Pengasinan, SDN 05 Cinangka, SDN 02 Sawangan, dan SDN 2 Bedahan. “Kerusakan sekolah terjadi di tujuh kecamatan. Dan terparah ada di Kecamatan Sawangan,†kata Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Sawangan Dinas Pendidikan Kota Depok, Eneng Sugiarti kepada depoklik, Rabu (11/10).

Untuk tingkat sekolah menengah atas (SMA) terdapat dua sekolah dengan kondisi tak layak. Yaitu di Kecamatan Pancoran Mas dan Cilodong. “Penyebab kerusakan dikarenakan usia bangunan memang sudah terlalu lama,†jelas Eneng.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan Disdik Kota Depok, Siti Khoriyah mengatakan, kerusakan gedung sekolah tingkat SMA terjadi pada sekolah swasta. Dia pun membenarkan adanya bangunan SD yang mengalami kerusakan.

“Di tingkat SMA, hanya terjadi kekurangan ruang belajar saja, akan ada 23 sekolah yang akan mendapat bantuan gubernur untuk penambahan ruang kelas. Tiap sekolah mendapat bantuan sekitar Rp 85 juta,†paparnya.

Icha

Leave a Comment