fbpx

3 Elemen Dasar dalam Menata Interior Rumah dan Kantor

Ilustrasi-Menata ulang interior rumah (istimewa).
Ilustrasi-Menata ulang interior rumah (istimewa).

Depoklik.com – Dalam membuat desain interior, kita tidak boleh hanya mengandalkan insting dan taste dalam menata ruang selain mengedepankan fungsi dan kebutuhan tentunya. Dalam ulasan tips properti kali ini, sebaiknya kita mengenl tiga elemen penting dalam dunia interior. Apa saja ketiga elemen penting tersebut? Berikut tiga elemen penting yang harus diperhatikan untuk menata interior ruangan di rumah atau bahkan di kantor.

  • Space

Dalam hal ini space lebih diartikan sebagai tata letak. Untuk menempatkan fitur ataupun mendekorasi ruangan, sebaiknya Anda membuat gambaran terlebih dahulu tentang dimensi ruangan beserta furnishingnya. Setelah itu Anda dapat menentukan tata letak interior sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Dalam menata ruangan, Anda juga harus paham bahwa dalam tata letak interior Anda tidak boleh hanya memperhatikan tata letak furnitur dan dekorasinya saja, tetapi juga harus tetap memperhatikan arah datang cahaya, sirkulasi udara, flow, susunan ruangan, serta akses masuk-keluar orang-orang yang ada di dalamnya, sehingga ruangan tidak terkesan sempit ataupun kosong.

  • Tekstur

Tekstur dapat memberikan dimensi tambahan interior dalam sebuah ruang. Anda harus mengindentifikasi tingkat kekasaran dan kelembutan interior yang dipakai, mengkilap, atau kusam, dan sebagainya. Untuk ruangan kecil dan gelap, sebaiknya Anda menggunakan interior yang memiliki tekstur halus dan mengkilap, sehingga akan memberikan kesan reflektif menarik. Sebaliknya, untuk ruangan yang besar dan terang, tekstur interior yang kasar akan mampu menyeimbangkan ruangan.

  • Light

Tidak bisa dipungkiri, bahwa peran cahaya dalam sebuah ruangan menempati urutan teratas. Pencahayaan dalam ruangan, dapat menciptakan rasa tenang dan aman. Selain berhubungan erat dengan warna, cahaya juga mampu menciptakan suasana khusus. Misalnya, lampu yang pendar cahaya akan melahirkan kesan nyaman dan tenang pada ruangan, sedangkan ruangan yang “banjir” akan cahaya terasa lebih menyenangkan daripada yang ruangan yang memiliki sedikit cahaya. Anda dapat mengelompokkan pencahayaan dalam ruangan menjadi tiga jenis, yakni pencahayaan fungsional,  pencahayaan dekorasi, dan pencahayaan aksen.

Dhy

Sumber: bintanghome.com

Leave a Comment