fbpx

4 Tips Menghadapi Bos Galak

Memiliki atasan yang galak tentu menjadi teror bagi Anda saat bekerja. Kekhawatiran bakal dimarahi bos pasti akan Anda rasakan setiap hari.

Bekerja dalam tekanan tentu tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Berurusan dengan bos yang galak memang merupakan hal yang rumit. Situasi tidak dapat diprediksi karena bisa saja Anda terkena imbasnya setiap saat.

Lantas, bagaimana menangani bos yang galak? Berikut 5 cara penanganannya:

1. Diskusi

Bila Anda mendapatkan tekanan dari bos jangan pernah melawannya. Karena tentunya hal ini malah akan menjadi bumerang terbalik untuk Anda. Ajaklah atasan berdiskusi bersama untuk mencari solusi dari masalah pekerjaan.

2. Mencatat

Ancaman atau argumen yang tidak masuk akal sewaktu-waktu akan keluar dari mulut si bos. Pastikan Anda mencatatnya sebagai bukti.

Paling mudah dengan mencatatnya pada email atau chatting. Dengan cara itu semua percakapan Anda dicatat dan jika muncul konfrontasi, Anda bisa mengeluarkan bukti tersebut.

3. Jangan Biarkan Bos Tau Kelemahan Anda

Agar tidak dimarahi bos, pastikan pekerjaan Anda bebas dari kesalahan. Misalnya saja datang tepat waktu, menyerahkan tugas tepat waktu dan bersikap sopan.

4. Bertanya kepada Senior

Untuk tau soal menangani bos yang super galak, cara paling ampuh lainnya bertanya ke seorang mantan karyawan atau rekan karyawan yang pernah kena marah atasan Anda. Cari tahu penyebab dan bagaimana dia menyikapinya.

Diluar tips tersebut, Anda juga harus mampu mengendalikan ego dan tetap berkepala dingin. Karena segalak apapun atasan Anda, tentunya si bos ingin mendapat kinerja yang terbaik untuk perusahaan.

(ard)

Leave a Comment