fbpx

5 Tips Membuat Si Buah Hati Tidur Nyenyak

Ilustrasi-Tips membuat si kecil tidur nyenyak (istimewa).
Ilustrasi-Tips membuat si kecil tidur nyenyak (istimewa).

Pola tidur yang tidak konsisten dapat menghambat perkembangan intelektual dan kognitif anak. Namun, sering kali para orangtua menemukan masalah untuk membuat si kecil dapat tidur dengan nyenyak. Ternyata, salah satu faktor yang menyebabkan si kecil tidak dapat tidur dengan nyenyak adalah tidak mendapatkan kenyamanan saat beristirahat.

Oleh karena itu, berikut ini lima tips untuk membuat si kecil dapat tidur dengan nyenyak.

  • Lakukan rutinitas

Bayi berkembang dengan stabilitas. Jadi, saat menidurkan si kecil, usahakan menidurkannya dengan waktu yang sama setiap malamnya. Jangan menidurkan si kecil ketika ia kelelahan setelah seharian beraktivitas, hal ini dapat membuatnya terbangun pada saat tengah malam.

  • Ciptakan suasana tidur yang menyenangkan

Menciptakan suasana tidur yang menyenangkan, dapat membuat si kecil merasa nyaman. Jangan menaruh mainan atau benda apa pun yang dapat mengalihkan perhatian si buah hati untuk beristirahat. Redupkan lampu penerangan kamar si kecil dan usahakan jangan membuat suara bising yang dapat mengganggu tidurnya. Selain itu, pastikan kasur yang digunakan si kecil bersih dan nyaman untuk ditiduri.

  • Cobalah 3B, Bath (mandi), Book (buku), dan Bed (tempat tidur)

Setelah melakukan aktivitas seharian, mandikan si kecil dengan air hangat. Setelah itu, ajak ia ke tempat tidur dan bacakan buku dongeng untuknya. Ketiga ritual ini efektif untuk membuat si kecil dapat tidur dengan nyenyak.

  • Beri pakaian yang nyaman

Si kecil tidak dapat tidur dengan nyenyak ketika ia merasa kepanasan atau kedinginan pada malam hari. Jadi, pastikan si buah hati mengenakan pakaian yang tepat dan nyaman untuk dipakai tidur. Anda harus memperhatikan suhu kamar si kecil agar ia tidak merasa kedinginan atau kepanasan saat tidur pada malam hari.

  • Tidurkan bayi dengan posisi terlentang

Banyak orangtua yang belum menyadari betapa pentingnya menidurkan si kecil dengan posisi telentang. Membiarkan si kecil tidur dengan posisi tengkurap dapat berisiko Sudden Infant Death Syndrome (SIDS), yakni kematian bayi secara mendadak.

Dhy

Sumber: republika.co.id

Leave a Comment