fbpx

5 Tips Menjadi Ibu Baru dalam Merawat Si Kecil

Ilustrasi-Mengetahui cara merawat si kecil bagi seorang ibu adalah sangat penting (istimewa).
Ilustrasi-Mengetahui cara merawat si kecil bagi seorang ibu adalah sangat penting (istimewa).

Menjadi orangtua merupakan pekerjaaan yang tidak mudah, terutama sang ibu. Biasanya ibu baru akan merasa kaget dengan kegiatan barunya sebagai orangtua dalam mengurus buah hati.

Ada beberapa hal-hal yang harus diperhatikan ibu baru saat sedang merawat anaknya seperti dikutip dari parentsindonesia.com.

  • Meminta masukan dari orang yang sudah lebih berpengalaman

Biasanya sebagai ibu baru kita masih perlu mendapatkan nasihat dari orangtua, dokter, kakak, teman, dan tetangga yang sudah lebih memiliki pengalaman dalam mengurus si buah hati. Tetapi ternyata semua nasihat yang anda dapat belum tentu benar. “Satu-satunya yang perlu Anda dengar adalah insting sebagai Ibu,” kata Alvin Rosenfeld, MD psikiater anak dan penulis buku Hyper-Parenting. “Jika Anda mengikuti semua nasihat orang lain, kreativitas Anda sebagai orangtua tidak akan muncul,” lanjutnya.

  • Waktu Anda untuk buah hati

Selama masa pemulihan setelah melahirkan, tentunya Anda akan berencana untuk mengambil cuti kerja. Tentunya hal itu bukan sekadar cuti untuk liburan atau menghabiskan waktu bersama teman-teman. Ada tanggung jawab yang harus Anda kerjakan, yaitu mengurus buah hati. Kegiatan mengurus anak akan menyita banyak waktu. Untuk sementara lupakan kegiatan hura-hura bersama teman-teman atau sekadar menghabiskan waktu di layar gadget Anda, karena hal itu akan sulit dilakukan.

  • Tetap memperhatiakan pasangan

Setelah seharian menghabiskan waktu bersama anak, jangan Anda berpikir bahwa pasangan Anda dapat mengurus dirinya sendiri, karena seletih-letihnya seorang istri dalam mengurus anak harus tetap mengurus suami. “Transisi dari dua orang yang berbahagia menjadi orangtua yang merawat anak adalah tantangan terbesar dalam kehidupan pernikahan,” kata konsultan pernikahan John Friel.

  • Memanjakan diri itu perlu

Memanjakan diri itu perlu selama seharian memanjakan buah hati kita juga perlu memanjakan diri kita sendiri. Tetapi bukan berarti memanjakan diri dengan meninggalkan anak. Kita dapat melakukan perawatan dengan mendatangkan tukang salon ke rumah atau sekadar berbincang dengan teman lama, juga salah satu cara memanjakan diri agar pikiran tidak terlalu stres karena terlalu lelah mengurus anak. Anda tidak boleh hanya fokus memikirkan kesehatan dan kebahagiaan anak, sementara kesehatan dan kebahagiaan Anda tidak terjaga.

“Membuat waktu untuk diri sendiri setelah merawat bayi merupakan kebutuhan,” kata Elizabeth Silk, psikoterapis dari New York.

  • Membagi tugas mengurus anak

Sebagai orangtua, mengurus anak merupakan tugas berdua. Jadi sebagai ibu baru juga perlu mengajarkan pasangan Anda untuk sekadar memandikan atau mengganti popok bayi. Dengan begitu beban tidak akan terlalu berat jika dilakukan bersama, karena mengurus bayi dengan seorang diri merupakan pekerjaan yang terlalu besar.

Nti

Sumber: repubilka.co.id

Leave a Comment