fbpx

5 Tips Puasa Bagi Ibu Hamil Agar Janin Tetap Sehat

DEPOKLIK. Ramadan adalah bulan yang dinanti umat Muslim di seluruh dunia. Amalan wajib maupun sunnah akan dilipatgandakan pahalanya. Sehingga banyak orang yang berlomba lomba dalam berbuat baik. Di bulan suci ini umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa.

Puasa di bulan Ramadan hukumnya wajib bagi kaum Muslim yang telah balig serta sehat jasmani dan rohani. Namun, apakah ibu hamil diwajibkan untuk berpuasa? Di dalam agama, ibu hamil dan menyusui diberikan kelonggaran untuk tidak berpuasa jika akan memperburuk kesehatan anda dan janin.

Sebuah studi kedokteran yang dilakukan terhadap ibu hamil menyebut bila ibu hamil dengan kondisi janin yang lemah beresiko menyebabkan kadar gula darah menurun. Istilah medisnya hipoglikemia. Hal ini terjadi karena kurang asupan makanan selama 14 jam.

Kondisi lain yang dikhawatirkan adalah ketika trimester pertama kehamilan mengalami mual-mual hingga muntah akan memperburuk kesehatan ketika memaksakan untuk berpuasa. Janin akan kurang sehat sehingga menyebabkan dehidrasi, akibatnya ibu hami akan mengalami sembelit.

Meski demikian bila kondisi Anda dan janin sehat tidak akan membahayakan saat berpuasa selama nutrisi makanan kala berbuka terpenuhi.

Berikut ini tips puasa bagi ibu hamil agar janin tetap sehat:

1. Minum air putih diawal berbuka

Saat berbuka diharuskan meminum air putih. Tak hanya ibu hamil, anjuran ini berguna kepada yang berpuasa.

Air putih berkhasiat mencegah dehidrasi. Dengan menenggak segelas air mineral perut yang kosong sepanjang hari tidak kaget sebelum Anda mengkonsumsi makanan.

Dalam sehari kebutuhan manusia akan air 8 gelas. Minumlah 3 hingga 4 gelas saat sahur dan sisanya ketika berbuka puasa.

2. Ganti makanan dan minuman mengandung gula dengan jus

Minuman dan makanan manis berlebih dikhawatirkan akan dengan cepat meningkatkan kadar gula di dalam tubuh ibu hamil.

Sehingga dianjurkan bagi ibu hamil menggantinya dengan rasa manis alami dalam buah-buahan yang telah dijus.

Namun bagi pengidap gangguan lambung disarankan tidak mengkonsumsi jus dengan rasa asam. Meski tidak membahayakan janin, namun akan mengganggu kesehatan Anda dalam berpuasa.

3. Konsumsi kurma

Rasulullah menganjurkan umatnya mengkonsumsi kurma ketika berbuka. Dari hasil penelitian didapat, buah nabi itu juga baik untuk janin.

Bagi ibu hamil disarankan mengkonsumsi kurma basah. Kandungan vitamin B1 di dalamnya baik untuk gerak rahim.

4. Atur asupan makanan saat berbuka

Mengatur pola makan saat berbuka sangat diharuskan. Jangan terburu-buru, karena akan membuat perut yang kosong selama 14 jam kaget bila terlalu banyak makan.

Makanlah dengan perlahan dan berhenti sebelum kenyang. Segelas air putih dan dua butir kurma cukup untuk sekedar membatalkan puasa Anda. Usai shalat Magrib Anda bisa mulai makan besar dengan komposisi 4 sehat 5 sempurna. Setelah itu jangan lupa dilanjutkan dengan shalat Isya dan Taraweh

Hindari juga makanan pedas dan dingin di awal berbuka.

5. Cukup Istirahat

Bagi ibu hamil dianjurkan mengurangi pekerjaan berat saat berpuasa. Istirahatlah yang cukup agar janin Anda sehat selama Ramadan.

Atur pekerjaan Anda secara bertahap. Jangan sampai Anda keteteran karena langsung mengerjakannya sekaligus. Tidak boleh ragu minta tolong suami bila yang Anda kerjakan terlampau berat.

(ard)

Leave a Comment