fbpx

8 Startup Lokal Menangkan Boot Camp Batch Kedua Ideabox

Setelah melalui serangkaian proses seleksi dan Boot Camp, 8 usaha rintisan berbasis digital (startup) Indonesia lolos sebagai pemenang Ideabox Batch 2. Para pemenang telah diumumkan pada Pertemuan Startup Lokal di Jakarta, Senin 15 September 2014 lalu.

Para pemenang dengan karya terbaik itu adalah:

  1. Perkbox yang memberikan penawaran dan diskon untuk karyawan perusahaan
  2. Wobe sebagai aplikasi alat bisnis dan konten pendidikan bagi para perempuan di negara berkembang
  3. Indojek yang memungkinkan ojek menjadi kurir dan terhubung dengan pelanggan
  4. Pawoon sebagai solusi mobil untuk penjualan usaha kecil
  5. Gogonesia yang menawarkan paket perjalanan online dan solusinya
  6. Cupslice yang merupakan cara mudah untuk menggunakan aplikasi fotografi dengan penambahan aplikasi program dan tools
  7. Wifimu yang menawarkan social media marketing program melalui WiFi
  8. Eatzify sebagai situs video blogging untuk review restoran dan e-commerce.

Delapan pemenang tersebut terpilih dari 18 startup peserta booth camp, yang diseleksi dari 300 pelamar dalam program ini. Kedelapan startup yang terpilih selanjutnya mendapatkan berbagai fasilitas dari Ideabox, mulai dari 4 bulan mentoring hingga pengembangan dan peningkatan komersial melalui program yang terstruktur.

Para Startups pemenang tadi, kini memiliki waktu persiapan 1 bulan sebelum pindah ke Jakarta dan bergabung dengan program Ideabox pada bulan Oktober selama 4 bulan penuh.

Andy Zain, Managing Partner Mountain SEA Ventures mengatakan, program boot camp adalah proses terakhir dengan seleksi yang sangat ketat. Pada tahap ini, sambung Andi, pihaknya dapat mengenal para pendiri dan tim yang akan bekerja bersamanya, untuk memvalidasi produk dan melihat seberapa baik respon startup dari hasil mentoring.

“Para startup tidak hanya dievaluasi oleh lebih dari 30 mentor, tetapi juga saling mengevaluasi dengan startup lainnya,” jelasnya.

Setelah proses inkubasi tersebut selesai, para peserta juga akan mendapat dukungan berupa kerjasama komersial dan investasi dari Indosat dan Mountain SEA Ventures.

CEO Indosat, Alexander Rusli mengaku terkesan dengan para startup yang telah mengikuti program seleksi ini. “Mereka sangat berbakat, fokus dalam menanggulangi permasalahan nyata di Indonesia dengan motivasi yang tinggi. Kami melihat potensi yang besar dari startup yang lolos,†ujar Rusli dalam rilisnya kepada depokllik, Rabu (17/9) kemarin.

Rusli menambahkan, Indosat sendiri berkomitmen untuk membangun layanan digital terkuat dengan Ideabox bersama venture capital fund dan IWIC startup idea competition. “Ini menjadi bagian penting dari visi ini.”

Sebagai bentuk apresiasi, startup yang tidak lolos akan diundang menjadi penyewa pertama pada platform crowd-funding yang diluncurkan Indosat. Selain itu, startup juga akan dibantu mendapatkan dana untuk terus mengejar impian mereka.

Bobby Afif/cl

Leave a Comment