fbpx

Agar Make Up Tahan Lama, Ini Caranya!

Memakai riasan wajah memang sudah menjadi ritual sehari-hari bagi para wanita. Namun, seringkali masalah udara panas dan keringat menyebabkan kulit menjadi berminyak yang membuat riasan menjadi luntur. Nah, berikut ini ada beberapa cara agar riasan melekat sempurna sepanjang hari.

Dasar Wajah
Bersihkan muka Anda terlebih dahulu. Kulit yang bersih akan membuat riasan melekat dan lebih sempurna. Setelah itu, gunakan pelembab dan biarkan selama sepuluh menit. Hal ini bertujuan agar pelembab lebih meresap ke dalam kulit sebelum dioleskan alas bedak, sehingga tidak cepat luntur.
Lalu, pilih alas bedak yang mengandung formulasi khusus dan lebih tahan lama. Jika Anda ragu, gunakan alas bedak satu tingkat lebih cerah dari warna kulit, kemudian gunakan bedak tabor yang lebih gelap untuk membentuk garis wajah. Dengan demikian, riasan Anda tidak akan belang saat mulai meluntur.

Riasan Mata
Gunakan eye make up primer sebagai dasar agar tekstur kelopak mata lebih mulus sebelum diolesi perona mata. Pilihlah waterproof eyeliner, dan lebih baik gunakan eyeliner cair karena lebih tahan lama dibanding eyeliner pensil. Begitu juga dengan maskara, pilihlah maskara waterproof yang akan membuat bulu mata lentik dan tebal seharian meski terkena keringat ataupun udara lembab.
Untuk riasan alis, selain menggunakan pensil alis, Anda bisa sapukan eyeshadow dengan kuas tipis agar terlihat lebih alami. Gunakan sedikit hairspray untuk menata alis sehingga tampak lebih bertekstur dan tahan seharian.

Pipi
Aplikasikan riasan wajah berbahan dasar krim terlebih dahulu, diikuti dengan produk riasan bertekstur bubuk. Jadi, oleskan perona pipi krim dan shading sebelum memakai bedak tabur. Untuk efek yang maksimal, sapukan perona pipi bubuk yang satu tingkat lebih cerah dari warna kulit dengan menggunakan kuas besar. Agar perona pipi lebih menempel, pilihlah kuas yang berkualitas.

Bibir
Oleskanlah alas bedak pada bibir dan berikan sedikit bedak tabur sebelum menggunakan lipliner untuk membingkai lipstik agar tetap di tempatnya. Usahakan selalu membingkai bibir dengan lipliner sebelum memakai lipstik, agar lipstik tidak cepat luntur. Pilihlah lipstik yang matte agar memiliki kemampuan tahan lama dibanding lipstik yang mengandung efek glossy.

HL/rw/fma
Foto: Ist.

Leave a Comment