fbpx

AIMI Depok Gelar Bincang “Asik” Bahas ASI Untuk Buah Hati

DEPOKLIK. Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Depok adalah organisasi nirlaba (non-profit) dan non-pemerintah yang berada di bawah naungan AIMI Jawa Barat, terbentuk pada tanggal 1 November 2014, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat khususnya ibu hamil/menyusui dan pasangan serta keluarganya untuk meningkatkan pemberian ASI kepada bayi.

World Health Organization (WHO) merekomendasikan Inisiasi Menyusu Dini (IMD), pemberian ASI dilakukan secara eksklusif selama 6 bulan, pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) dan tetap meneruskan pemberian ASI hingga 2 tahun sebagai standar emas pemberian makan pada bayi. Bayi yang diberikan IMD, ASI eksklusif, MPASI berkualitas dan ASI diteruskan hingga 11 bulan (saja) terbukti telah mengurangi 27,8% kematian bayi di Indonesia.

Menurut Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012, secara keseluruhan hanya sekitar 37% anak umur 6-23 bulan mendapatkan makanan seperti dianjurkan dalam praktik pemberian makanan pada bayi dan anak (PPMBA). Pada momen Bulan Ramadhan kali ini, AIMI Depok mengadakan kegiatan Bincang ASIk bertemakan MPASI untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Kota Depok tentang berbagai informasi MPASI, yaitu berupa pentingnya pengenalan makanan pendamping ASI yang baik dan sehat serta tips menyiapkan MPASI selama di perjalanan.

Mudik merupakan kultur masyarakat Indonesia saat Idul Fitri. Perjalanan bersama bayi dan balita menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa ibu. Oleh karena itu AIMI Depok menyelenggarakan diskusi bertemakan MPASI Saat Mudik Idul Fitri, dengan harapan acara ini dapat menjadi panduan bagi ibu yang ingin melakukan perjalanan – khususnya mudik – bersama bayi dengan tetap menyiapkan bekal MPASI sehat dan berkualitas.

IMG-20160626-WA0012

Kegiatan Bincang ASIk dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2016 di panggung lantai 1 DMall, Depok. Bentuk acara dari kegiatan ini adalah mini talkshow dan diskusi ringan yang dimoderatori oleh dr. Amelia Martira, Sp.An (dokter dan konselor menyusui) dengan narasumber Nurlienda Hasanah, S.Gz (ahli gizi, konselor PMBA, dan konselor menyusui). Kegiatan Bincang ASIk ini ditutup dengan acara demo masak, ramah tamah disertai dengan sharing, serta berbuka puasa bersama peserta talkshow dan
Target peserta kegiatan ini adalah 50 orang, yaitu ibu dengan bayi/balita dan masyarakat Kota Depok pada umumnya.

Kegiatan tersebut akan dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Depok.

(Humas AIMI Depok)

Leave a Comment