Aksi Penghijauan, Kancil Dan Katar Pocin Tanam Ratusan Pohon Di Bantaran Ciliwung

DEPOKLIK. Anak muda Depok kembali melakukan hal yang positif untuk kotanya. Baru-baru ini Komunitas Anak Ciliwung (Kancil) bekerjasama dengan Karang Taruna Pondok Cina melakukan aksi penanaman ratusan pohon di bantaran Sungai Ciliwung.

Pembina Kancil Abu Samak mengatakan bahwa sangat tinggi antusiasme peserta yang mengikuti kegiatan ini. Bahkan banyak juga terlihat warga bantaran yang ikut serta dalam acara penanaman.

“Tujuan kegiatan ini untuk penghijauan dan mencegah abrasi,” ujar dia saat acara penanaman, di bantaran Ciliwung Pondok Cina, Minggu (11/12).

Selain menanam program Kancil lainnya adalah melakukan edukasi ke warga sekitar bantaran untuk tidak membuang sampah ke sungai. Dikatakan Samak kendala yang dihadapi karena tidak adanya TPS di wilayah mereka.

“Di bantaran jarang yang pakai jasa pemungutan sampah,” ujarnya.

Lurah Pondok Cina Hendar Fradesa yang ikut serta dalam acara itu mengaku bangga dengan para anak muda Pocin yang ikhlas menjaga kelestarian alam di Sungai Ciliwung.

Menurutnya meski penghijauan yang dilakukan untuk jangka panjang, namun yang terpenting kebersamaan warga dalam aksi ini. “Alhamdulillah, semua yang diharapkan hadir,” tuturnya.

DAS Ciliwung yang akan ditetapkan Kementerian diharapkan mampu menjaga pohon yang telah ditanam untuk kelestarian Ciliwung ke depannya. “Jadi tanamannya aman,” ujarnya.

Aksi penanaman di bantaran Ciliwung juga dihari Camat Beji Ues Suryadi, Danramil, Forum Komunitas Hijau (FKH) Depok, Babinsa, KABEDA, Jangkrik, Forum Anak Bumi, AGBES, BINANGKIT, serta OPER.

Kolaborasi antar komunitas warga di kelurahan Beji diharapkan mampu menanamkan semangat untuk mencintai lingkungan.

“Dengan adanya kolaborasi seperti ini, kita berharap dari program kerja Kancil tidak ada persaingan antar komunitas,” ujar Ketua LPM Pondok Cina, Munir.

 

Penanaman sendiri diikuti sekitar 100 orang peserta dengan jumlah pohon yang ditanam sebanyak 380 batang. Pohon sendiri hasil bantuan dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok, FKH Kota Depok, dan Rumah KABEDA.

(baf)

Leave a Reply