fbpx

Alasan Mengapa Anda Harus Jogging

Alasan mengapa Anda harus jogging (istimewa).

Olahraga secara rutin mampu mengurangi risiko berbagai penyakit, meningkatkan kualitas hidup dan membuat kegiatan sehari-hari menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Olahraga cardiovascular merupakan komponen latihan dengan manfaat yang begitu besar sehingga Anda harus melakukannya paling tidak tiga hari seminggu. Jika Anda bingung memilih olahraga apa yang bisa Anda lakukan, pilih saja jogging yang bisa Anda lakukan kapan saja.

Jogging merupakan aktivitas fisik yang lebih berat daripada berjalan karena olahraga ini memanfaatkan banyak otot. Ketika Anda melangkah saat berlari, kedua kaki tidak berada pada tanah dan Anda menumpu pada satu kaki dan saling bergantian, serta mendorong tubuh ke depan. Jogging meningkatkan detak jantung dan pernapasan untuk mengalirkan oksigen lebih banyak ke otot. Hasilnya, jantung Anda juga menjadi lebih kuat dan mampu memompa darah lebih banyak per menit. Artinya, paru-paru akan menjadi lebih efisien dalam mentransfer oksigen dan karbondioksida selama beraktivitas.

Olahraga jogging juga mampu menjaga berat badan tubuh. Hal ini karena olahraga cardiovascular mampu membakar kalori serta meningkatkan metabolisme tubuh hingga tiga sampai empat jam sesudah olahraga yang akan membantu tubuh membakar kalori lebih lebih banyak selama seharian. Tubuh Anda akan membakar ekstra kalori yang tersimpan agar Anda bisa mencapai berat badan ideal.

Jika Anda baru dalam olahraga lari, mulailah dengan perlahan. Mulailah dengan rutin berjalan agar tubuh mulai terbiasa dengan latihan fisik. Tambahkan lari jarang pendek dan lakukan secara bergantian dengan berjalan kaki. Lakukan latihan ini secara rutin sampai Anda bisa berlari paling tidak selama 30 menit tanpa berhenti. Untuk mengurangi risiko cedera, pilih sepatu yang didesain secara spesifik untuk berlari.

Frd/vemale.com

Leave a Comment