fbpx

Amankan Mudik Lebaran, Pemkot Depok Terjunkan 3 Ribu Personil Gabungan

DEPOKLIK. Dalam rangka menyambut mudik lebaran, Pemerintah Kota Depok bekerjasama dengan Polresta Depok melaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Ramadaniya 2016 di Lapangan Balaikota Depok.

Apel yang digelar pada Kamis 30 Juni 2016 itu dipimpin oleh Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pradi, mengatakan bahwa mudik merupakan ajang berkumpul dan bersilahturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman.

“Operasi dilaksanakan 16 hari dari 30 Juni-15 juli 2016. Diharapkan rencana operasi yang telah dipersiapkan dengan matang, dapat dilaksanakan dengan baik dan sinergitas bersama seluruh stakeholder terkait agar situasi kamtibmas kondusif,” ujar Pradi membacakan sambutan Kapolri.

Mudik juga berimplikasi terhadap lonjakan arus pergerakan manusia, barang serta mobilitas transportasi dan transaksi perekonomian di seluruh tanah air.

Tahun ini diperkirakan jumlah pemudik yang menggunakan angkutan umum sebanyak 17,6 juta orang. Sedangkan yang mudik dengan mobil pribadi berjumlah 2,4 juta kendaraan, dan .5,6 juta pengguna sepedah motor.

Untuk personil, kata Pradi, terdiri dari gabungan Polres, TNI, Linmas dan para stakeholder terkait yang jumlahnya mencapai lebih dari 3000 orang.

“Fungsi-fungsinya nanti sesuai dengan tupoksi masing-masing,” ujar Pradi.

Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Pemkot juga mengerahkan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar). “Nanti akan ada nomor on call yang bisa disebar media,” tuturnya.

Dengan adanya operasi ketupat yang saat ini diubah namanya menjadi Ops Ramadaniya, diharapkan masyarakat di seluruh Indonesia dapat merayakan Idul Fitri dengan aman, nyaman, tertib dan penuh khidmat.

(baf)

Leave a Comment