Atraksi Tim Jupiter Membentuk Lafadz Allah, Kadispen TNI AU: Tidak Sengaja, Mungkin Itu Kebesaran Allah

Atraksi Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU mencuri perhatian publik karena manuvernya memunculkan lafal Allah di langit Yogyakarta.

Pada foto yang sempat viral di media sosial, terlihat Tim Jupiter tengah beraksi. Foto tersebut terekam dalam pagelaran Jogja International Air Show (JIAS) 2017 yang diadakan di Pantai Depok, Bantul, Minggu (30/4) lalu.

Kadispen TNI AU Marsma Jemi Trisonjaya mengatakan,

“Air show dalam rangka bulan Dirgantara di Yogya,” katanya, Rabu (3/5).

Pada foto yang sempat viral ini, tampak 6 pesawat membentuk formasi. Dua di paling ujung dalam posisi manuver. Dari asap yang dikeluarkan 6 pesawat itu, ternyata membentuk lafadz Allah.

Hal tersebut menurut Jemi tidak disengaja. Formasinya memang sudah dilatihkan, tapi tanpa sengaja membentuk lafadz Allah.

“Tidak sengaja, itu mungkin kebesaran Allah, sehingga bisa membentuk tulisan Allah,” jelasnya.

Tim Jupiter memang memiliki banyak manuver dalam setiap penampilannya. Manuver Tim Jupiter antara lain menyilang, manuver olak-alik dan meluncur tegak lurus ke atas. Biasanya 6 pesawat jenis KT-1 Wong Bee yang digunakan mengeluarkan asap di ekornya pada setiap manuver. Atraksi Tim Jupiter yang menegangkan menjadi favorit bagi penggemar atraksi udara.

Leave a Reply