fbpx

Banyak Peserta “Curang” di SBMPTN

Peserta ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 dinilai banyak melakukan kecurangan. Kecurangan tersebut diketahui panitia di dua kota, yakni Jakarta dan Yogyakarta.

Di Jakarta, panitia mendapati seorang peserta tes yang memakai pensil canggih beraksesoris bluetooth. “Alat itu dicurigai untuk transaksi jawaban tes,†ujar Ketua Panitia Seleksi Nasional Peguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013, Akhmaloka, Kamis (4/7).

Lain halnya di Yogyakarta. Akhmaloka mengatakan, dua peserta kedapatan memakai gelang yang dilengkapi jawaban. Namun mereka tertipu. “Soalnya, pertanyaan ada 60, tapi jawabannya sampai 90,” katanya. Bagi para peserta yang diketahui melakukan kecurangan, maka pantia akan memberikan sanksi keras. “Peserta yang bandel ya disanksi. Tidak diluluskan ujian,†tegasnya.

Walau tes seleksi diwarnai insiden kecurangan di sana sini, Akhmaloka mengklaim penyelenggaraan ujian berlangsung aman dan tertib secara umum. “Dari hasil evaluasi berjalan bagus,” akunya.

Untuk mendapatkan kunci jawaban palsu itu, peserta mengaku harus mengeluarkan uang Rp 5 juta sampai Rp 15 juta. Sebagian sudah ada yang lunas, namun lainnya masih mengangsur. Panitia dan pihak kepolisian masih berupaya mengungkap temuan kecurangan itu, karena disinyalir melibatkan jaringan joki.

rw/temp

Leave a Comment