fbpx

BNN Dorong UI Bangun Tempat Rehabilitasi Narkoba

Ilustrasi-BNN mendorong kepada Universitas Indonesia untuk membangun tempat rehabilitasi narkoba di lingkungan kampus (istimewa).
Ilustrasi-BNN mendorong kepada Universitas Indonesia untuk membangun tempat rehabilitasi narkoba di lingkungan kampus (istimewa).

Depoklik.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) mendorong Universitas Indonesia (UI) membangun tempat rehabilitasi penyalahguna narkoba di lingkungan kampus. Sebab, kampus menjadi salah satu tempat peredaran narkotika yang banyak dikonsumsi mahasiswa.

“Kalangan akademisi yang menggunakan narkoba 27,5 persen, dari total 4 juta pengguna di Indonesia,” kata Deputi Hukum dan Kerja Sama BNN Aidil Chandra Salim di Rektorat UI, Depok, Jumat, 22 Mei 2015.

Selama ini, kata dia, tidak ada tempat rehabilitasi di dalam kampus. Padahal, penyalahguna di kalangan akademisi sudah begitu besar. Narkoba sudah banyak ditemukan dikonsumsi di kampus. Di Universitas Makassar, bahkan mereka sudah merambah UI.

“Bahkan Wakil Rektor III Universitas Hasanuddin pesta sabu dengan dosen dan mahasiswa. Sudah saatnya tempat rehabilitasi ada di lingkungan kampus,” jelasnya.

Dijelaskan dia, hingga kini tidak ada persepsi yang sama antara penegak hukum. Padahal bila mengacu pada UU 35 Nomor Tahun 2009 tentang narkotika wajib direhabilitasi, bagi mereka yang hanya menggunakan.

“Karena di lapangan ada perbedaan persepsi. Makanya banyak pengguna dijebloskan ke penjara, yang membuat penjara penuh dengan pengguna narkoba,” imbuhnya.

Rektor UI Muhamad Anis belum bisa memastikan bisa apa tidaknya ada tempat rehabilitasi di lingkungan kampus. Tapi, UI siap bekerja sama dengan BNN untuk menyediakan tenaga ahli untuk tempat rehabilitasi.

“Membentuk tempat rehabilitasi bukan tupoksi UI. Tenaga bisa kami sediakan,” kata Anis.

Anis tak menampik bahwa narkoba sudah masuk ke lingkungan kampus sejak lama. Tapi, sulit untuk memprediksi mahasiswa yang menyalahgunakan narkoba. Untuk itu, UI rutin secara random melakukan tes urine kepada mahasiswanya.

“UI telah melakukan peningkatan kewaspadaan, dan point baru saat ini melakukan riset bersama penanggulangan narkoba di lingkungan kampus,” jelas Anis.

Sumber: tempo.co

Leave a Comment