fbpx

Buvanest Spinal untuk Pembedahan di Bawah Pusar

Buvanest Spinal
Anestesi alias pembiusan adalah langkah awal yang wajib dilakukan sebelum seseorang menjalani prosedur pembedahan. Terkait anestesi, nama Buvanest Spinal belakangan ramai diperbincangkan. Lantas, apa itu Buvanest Spinal?
Dalam sebuah keterangan mengenai Buvanest Spinal kepada wartawan, ahli anestesi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Prof. dr. Ruswan Dahlan, SpAn(K) mengatakan, spinal atau epidural dilakukan untuk anestasi lokal jika pembedahan dilakukan di organ bawah pusar.
“Spinal atau epidural sama-sama pembiusan yang bertujuan memblok saraf tulang belakang. Karenanya keduanya dimasukkan melalui ruas tulang belakang dengan posisi pasien membungkuk dan memeluk lutut,” jelasnya.
Obat anestesi Buvanest Spinal, yang dikenal dengan nama generik Bupivacaine, biasa digunakan untuk operasi caesar dan kandung kemih. Selain itu, Buvanest Spinal bisa juga digunakan untuk operasi usus buntu, patah tulang kaki dan semua yang berada dibawah pusar.
Setelah anestesi dengan obat Buvanest Spinal, biasanya pasien akan merasakan seperti kesemutan di kaki, hingga akhirnya tidak terasa sama sekali dan tekanan darah turun. Menurut Ruswan, hilangnya rasa akibat pembiusan ini biasanya berlangsung selama 4-5 jam.
“Biasanya (Buvanest Spinal) tak akan diberikan pada pasien dengan riwayat medis seperti kelainan pembekuan darah, shock berat, dan pasien dengan alergi tertentu,” kata Ruswan. Namun, lanjutnya, semua kontraindikasi itu tentu saja bisa diselidiki sebelum prosedur pembiusan dan pembedahan dilakukan.
Ruswan menegaskan, saat di ruang bedah dokter juga harus menjelaskan apa saja yang akan dialami pasien. “Pasien dan keluarga pasien juga punya hak untuk banyak bertanya tentang prosedur pembiusan dan pembedahan yang akan
dilakukan,” pungkas Ruswan.

Leave a Comment