Cara Mengatasi Serangan Ransomware Petya, Nopetya, Petna

Virus ransomware Petya dikabarkan sedang meyerang dalam skala global, setelah sebelumnya ransomware wannacry / wannacrypt sempat menghebohkan dunia. Beberapa hari yang lalu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali mengeluarkan himbauan agar masyarakat waspada terhadap serangan ransomware tipe baru tersebut.

Dalam siaran pers yang diterbitkan pada 28 Juni 2017 KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA NO.76/HM/KOMINFO/06/2017
Tentang Pemintaan Segera Melakukan Tindakan Pencegahan Terhadap Ancaman Ransomware PETYA, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, meminta kepada seluruh Pengelola Teknologi Informasi di berbagai Institusi, agar melakukan tindakan berikut:

  • Pengelola TI menonaktifkan atau mencabut jaringan Lokal/LAN sementara sampai dipastikan semua aman.
  • BACKUP DATA ke storage TERPISAH.

Selain itu, Rudiantara juga meminta dibiasakannya kewaspadaan, yaitu :

  • Selalu Backup Data
  • Gunakan system operasi yang orisinal dan update secara berkala
  • Install Antivirus dan update berkala
    Gunakan password yang aman dan ganti berkala

Rudiantara menegaskan juga kepada penyedia layanan publik kepada masyarakat agar terus menjaga kewaspadaan sistem elektroniknya dari walware.

Para ahli menemukan bahwa varian Petya lainnya yang bernama NotPetya dapat mengenkripsi data dengan tidak ada kemungkinan untuk recovery data. untuk mencegah infeksi Petya / NotPetya / Petna maka Anda dapat melakukan vaksinasi komputer sehingga tidak dapat terinfeksi dengan strain Petya / NotPetya / Petna saat ini, cukup buat file yang disebut perfc di folder C:\Windows dan buat file tersebut read-only.

Cara cepat dan mudah cukup dengan melakukan langkah berikut :

– download file https://download.bleepingcomputer.com/bats/nopetyavac.bat

– Jika Anda login sebagai Administrator bisa langsung eksekusi (double click) file tersebut. Jika tidak maka klik kanan dan click run as Administrator.

– eksekusi tersebut menghasilkan 3 file yaitu perc, perc.dll dan perc.dat di C:\Windows yang akan mencegah infeksi Petya / Notpetya / Petna.

Jangan lupa selalu backup data Anda,

No System is Safe.

Leave a Reply