Dana Perbaikan Jalan Tahap Ke-2 di Pondok Cina Sebesar Rp 19,4 Juta

Perbaikan jalan setapak tahap kedua di Kelurahan Pondk Cina, Depok rampung (foto: Dok. warga Pondok Cina).
Perbaikan jalan setapak tahap kedua di Kelurahan Pondok Cina, Depok rampung (foto: Dok. warga Pondok Cina).

Perbaikan tahap kedua jalan setapak sepanjang 100 meter dan lebar 2 meter di wilayah RT 02/02 Kelurahan Pondok Cina, Depok akhirnya rampung. Anggaran yang digelontorkan pada perbaikan jalan tahap kedua ini sebesar Rp 19,24 juta.

Pengerjaan jalan yang memakan waktu dua pekan tersebut diprakarsai oleh KSM KARYA dengan pengawasan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Pondok Cina. Kini tinggal menunggu gratifikasi dari Fasilitator Kelurahan (Faskel).

Demikian dikatakan Ketua RT 02/02, Pondok Cina sekaligus Ketua KSM KARYA, Mulyadi, Jumat, 2 Januari 2015.

“Pengerjaan jalan setapak yang masuk di bidang jalan lingkungan (Jaling) sepanjang 100 m dan lebar 2 m di lingkungan wilayah RT 02/02 sesuai target yang telah direncanakan sebelumnya. Selain itu, terselesaikannya pembangunan ini agar masyarakat dapat segera melewatinya dan melakukan aktivitasnya kembali dengan nyaman dan tidak terganggu lagi,” terangnya.

Pengerjaan jalan ini, lanjut Mulyadi, mendapatkan anggaran sebesar Rp 19,24 juta. Dana itu berasal dari BKM sebesar Rp 13,4 juta dan swadaya masyarakat Rp 5,84 juta. Penyerahan dana tersebut dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dan kedua sekitar 30 persen dan 60 persen dengan total Rp 12,60 juta yang diberikan secara bertahap, masing- masing Rp 4,02 juta dan Rp 8,04 juta. Sisa 10 persen atau Rp 1,34 juta akan diberikan jika telah mendapatkan gratifikasi dari Faskel.

Ketua BKM Pondok Cina, Azhari Hasan, mengatakan, pengerjaan jalan ini dilakukan untuk membuat aktivitas warga sekitar menjadi lebih nyaman. Sebab jalan tersebut sudah banyak lubang yang dapat membahayakan warga yang melintasinya. Ia berharap setelah semua proses pengerjaan selesai, masyarakat bisa turut serta dalam memelihara jalan lingkungannya.

“Kami  berharap kepada masyarakat agar dapat membantu dalam memeliharanya jalan lingkungan itu nantinya, dikarenakan untuk kepentingan bersama. Selain itu untuk kenyamanan bersama, agar jalan tidak cepat rusak kembali dan warga sekitar menjadi lebih nyaman,” ujar Azhari.

Frd

Penulis: Wahyu S

Recommended For You

About the Author: fredrick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *