fbpx

Dari Memancing hingga Tercetus Membuat Sandal Berbahan Eceng Gondok

Sandal Egora, sandal cantik yang terbuat dari bahan eceng gondok (foto: Kiranti Asprilia).
Sandal Egora, sandal cantik yang terbuat dari bahan eceng gondok (foto: Kiranti Asprilia).

Apakah Anda tahu sandal eceng gondok? Atau bahkan ternyata Anda belum pernah melihat seperti apa rupanya? Di Depok, tepatnya di Jalan Samudera Jaya, Pancoran Mas, Depok, ada dua pemuda yang sudah berkutat menjadi pengrajin sandal eceng gondok selama sekitar lima tahun. Egora merupakan akronim dari eceng gondok rawa yang merupakan label sandal yang terbuat dari eceng gondok tersebut.

Bisnis ini muncul secara spontan, ketika Nurdin memancing ikan di danau kampus Universitas Indonesia (UI) Depok. Ia melihat ada tanaman eceng gondok yang sudah kering di sana. Pada saat memancing, Nurdin dan teman-temannya berencana menggunakan eceng gondok tersebut untuk mengikat ikan karena mereka tidak membawa tempat untuk membawa ikan-ikan yang ditangkap.

Ternyata eceng gondong yang kering itu sangat kuat dan mereka mulai berpikir untuk membuat sesuatu dari eceng gondok tersebut. Hingga akhirnya salah satu temannya melipat-lipat, menganyam, dan mendapatkan ide untuk membuat sandal dari eceng gondok.

“Eceng gondok kuat banget Mbak…mau ditarik gimana juga nggak putus,” kata Nurdin, salah satu pemilik usaha sandal Egora saat dijumpai Depoklik.com, Selasa, 10 Maret 2015.

Ia mengatakan, mereka belajar menganyam eceng gondok secara otodidak atau belajar sendiri. Proses penganyaman eceng gondok susah-susah gampang, sehingga hanya sedikit orang bisa menguasai teknik kerajinan ini.

Nurdin melanjutkan, proses yang dibutuhkan untuk membuat sandal Egora tidak membutuhkan waktu yang lama, tetapi ketelitian sangat diutamakan.

Pemilik lain dari usaha ini yakni Nuryadin menambahkan, mereka masih sangat kekurangan sumber daya manusia (SDM). Kekurangan SDM tersebut membuat produksi sandal Egora menjadi terbatas.

Dalam sehari mereka dapat memproduksi 20 pasang sandal Egora dengan berbagai model. Untuk melebarkan bisnisnya, pihak Egora berencana untuk memproduksi tas, tempat tisu, meja, dan kursi. Hanya saja, untuk memproduksi barang-barang tersebut diperlukan proses yang lumayan lama dibandingkan dengan memproduksi sandal karena pola pembuatannya lebih rumit.

“Tapi Mba, kita sekarang sedang bekerja sama dengan salah satu butik di Depok. Nah jadi kita yang produksi mereka yang memasarkan. Kita bekerja sama belum lama, baru dari bulan November lalu lah,” terang Nuryadin.

Kini desain sandal Egora dipercantik dengan lapisan batik khas Solo, sehingga menambah nilai keindahan dari sandal yang terbuat dari eceng gondok tersebut. Untuk pembuatan motifnya pun dibuat berbeda setiap bulannya. Pada bulan Maret ini, motif sandal Egora bertemakan binatang. Jadi, motif sandal tersebut dinamakan dengan nama-nama binatang.

Cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp 70.000 hingga Rp 75.000, Anda dapat memiliki sandal Egora, sandal unik dan cantik yang terbuat dari eceng gondok.

Dhy

Leave a Comment