fbpx

Dari Novel Menuju Film, Bedah Buku “Ababil dan Tiga Kitab Iblis”

PPI (Penggiat Perfilman Indonesia) kamis, 19 November 2015 lalu menyelenggarakan bedah buku dengan tema Dari Novel menuju Film yang diadakan di Gedung Film, Jakarta.

Hadir sebagai pembicara bedah buku Ababil dan Tiga Kitab Iblis,  Ody Mulya Hidayat produser dari rumah produksi Maxima Pictures,  Radhar Panca Dahana selaku Budayawan, Karsono Hadi Sutradara Film dan Irfan Wijaya sang penulis Ababil dan Tiga kitab Iblis.

Acara yang dimoderatori oleh Mayong Suryo Laksono, seorang wartawan dan presenter senior ini berlangsung seru dan meriah. Pada awal sesi, Radhar Panca mengatakan bahwa banyak fenomena dalam masyakat yang masih percaya dengan hal mistis dan klenik, dilanjutkan oleh Karsono Hadi, sutradara 7 Manusia Harimau,sinetron yang diangkat dari novel menjelaskan bahwa sebuah novel untuk menjadi film harus memenuhi beberapa kategori seperti best seller atau cerita yang menjadi legenda dalam masyarakat. Ody Mulya Hidayat dari Maxima Pictures yang datang terlambat pada acara itu menuturkan kalau novel tidaklah harus best seller untuk di filmkan, bila memiliki judul dan isi yang menarik bisa saja dilirik produser. Banyaknya opini dari para pembicara memunculkan pertanyaan dari para tamu undangan terkait dengan buku Ababil dan Tiga Kitab Iblis. Diantara pertanyaan yang menarik adalah apakah novel Ababil dan Tiga Kitab Iblis menjadi salah satu yang dilirik oleh Ody Mulya Hidayat untuk difilmkan? Ody Mulya melirik Ababil dan Tiga Kitab Iblis untuk difilmkan, namun penulis harus bersabar menunggu, karena masih ada 7 film yang akan difilmkan Maxima Pictures.

Ababil dan Tiga Kitab Iblis merupakan sebuah novel yang ditulis oleh   Irfan Wijaya.Kisah pergulatan batin dan di dalamnya mengandung unsur spiritual, konflik dan percintaan. Novel digarap dengan gaya penulisan filmis ini seakan membawa pembaca larut dalam imajinasi petualangan tokoh novelnya yang juga merupakan sosok wartawan.

Irfan Wijaya adalah alumnus Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/STP Jakarta tahun 1997, Fakultas Ilmu Komunikasi, Jurusan Hubungan Masyarakat. Mantan wartawan foto majalah Gatra, tabloid Suar dan freelancer di kantor berita asing Jepang, Kyodo News. Saat ini sedang menggarap novel selanjutnya, “Mata Angin.”

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan novel Ababil dan Tiga Kitab Iblis, segera dapatkan di Gramedia atau toko buku terdekat di kota Anda.

Dap/Foto:Dap

 

Leave a Comment