fbpx

#DROPTHEPLUS, ‘Fashion’ Bukan Untuk Satu Ukuran Model

jennie-runk-droptheplus-fashion-kampanye-viral
Jennie Runk (Courtesy: Ford Models)

Fashion tidak harus tentang ukuran. Harus ada berbagai bentuk dan ukuran di industri (fashion), tidak hanya satu!”

Ini lah ungkapan Bree Warren, model yang memiliki tinggi 181 cm, pada style.com, saat kampanye viral #DROPTHEPLUS mulai ramai di jejaring sosial Instagram beberapa waktu lalu dan mengguncang dunia fashion.

Kampanye tesebut membuka ‘batas’ sosok model yang terpatri di benak kebanyakan orang, yakni tubuh ideal, tinggi dan langsing, yang selama ini menjadi tipikal fashion show atau dengan aturan BMI (Body Mass Index), yang bisa memakai baju size 10-12. Sementara, size 14 sudah terbilang ‘plus size‘.

Ajay Rochester (instagram)
Ajay Rochester (instagram)

Terkadang seseorang melihat parameter kecantikan dari apa yang dilabel oleh masyarakat soal fashion. Namun viral campaign #DROPTHESIZE ini mulai menguliti label bahwa kecantikan tak harus bertolak ukur dari betapa rampingnya seseorang.

Jennie Runk, model asal Amerika, juga menuturkan ketidak-setujuannya bila parameter kecantikan hanya disandingkan oleh dua hal, yakni benar-benar cantik atau memang jelek.

“Perbedaan kecantikan adalah sebuah hal yang infinite atau tak bisa dibatasi. Sedangkan perbedaan yang tak terhingga itulah membuat setiap individu terlihat cantik,” ucap Jennie pada style.com menyoal ‘plus size‘.

Ditambah lagi ucapan Ajay Rochester, former host dari The Biggest Loser, yang mengatakan “Kita semua peempuan. Bebagai bentuk dan ukuran,” pada akun instagram miliknya.

Gerakan ini begitu disambut baik oleh para model yang memiliki ‘size plus‘ seperti Bree Warren, Jennie Runk, dan model size plus lainya. Alhasil, viral campaign ini tersebar luas dan mampu memotivasi para perempuan yang dinilai memiliki tubuh ‘plus size‘. Saat ini, akun viral movement @droptheplus mencapai lebih dari 6.000 followers.

Gerakan #DROPTHESIZE sendiri bemula saat Stefania Ferrario, model asal Australia, mem-posting foto tubuhnya di instagram. Tertulis di perutnya “I AM A MODEL”.

Sumber: style.com/ghiboo

cl

Leave a Comment