fbpx

FGD Ke-3 Digelar, Pentingnya Edukasi Makna Kota Hijau bagi Warga

Para peserta FGD ke-3 di gedung Baleka, Balai Kota Depok, Selasa, 11 November 2014 (foto: Bobby Afif/depoklik).

Dalam rangka menentukan aspirasi dan visi Kota Hijau Depok ke depannya, sekitar 30-an peserta dari perwakilan komunitas lingkungan yang tergabung dalam Forum Komunitas Hijau (FKH) Depok, serta beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Depok mengadakan Forum Group Discussion (FGD) yang ketiga di Gedung Baleka, Balai Kota Depok, Selasa (11/11).

Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memberikan edukasi dan kesadaran kepada masyarakat tentang makna dan arti pentingnya kota hijau.

Ketua Earth Hour Depok, Fajrus mengatakan, dalam FGD kali ini akan lebih difokuskan pada green waste, green water, dan green transportasion.

Suasana saat peserta mengikuti diskusi FGD ke-3 di gedung Baleka, Balai Kota Depok (foto: Bobby Afif/depoklik).

“Jadi FGD kali ini kami akan lebih terkonsentrasi untuk menuju green waste, green water, dan green transportasion,†ujarnya.

Dalam FGD yang berlangsung sangat interaktif tersebut, ada beberapa poin yang dibahas dan menjadi permasalahan lingkungan di Kota Depok, yaitu kemacetan yang diakibatkan oleh minimnya lebar jalan serta kurangnya akses menuju stasiun, taman yang terabaikan, dan banjir yang disebabkan oleh banyaknya sampah di aliran sungai.

Selain itu, masalah urbanisasi yang terus meningkat di Depok juga menjadi salah satu topik pembahasan yang cukup seru dalam FGD tersebut. Karena urbanisasi merupakan salah satu faktor melonjaknya jumlah angkutan umum dan pembangunan yang terus meningkat, sehingga menyebabkan lingkungan yang kurang kondusif.

Dalam diskusi tersebut diperoleh kesimpulan yaitu diperlukan banyak edukasi kepada masyarakat agar timbul kesadaran masyarakat tentang pentingnya makna dari sebuah kota hijau.

“Jadi dari diskusi ini diambil sebuah kesimpulan, yaitu perlunya edukasi kemasyarakat agar masyarakat itu sendiri paham makna sebuah kota hijau,†terang Eko Setiawan, moderator yang juga penggiat di Depok Berkebun.

Acara ini juga dihadiri Kepala Dinas dan Pemukiman (Distarkim) Kota Depok Kania Purwanti, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Depok Hardiman, dan tokoh penggiat lingkungan Kota Depok Heri Syaefudin.

Bobby Afif/Frd

Leave a Comment