fbpx

FISIP UI Pamerkan 58 Hasil Penelitiannya di Research Day 2011

Pada tanggal 22 November sampai 24 November 2011, Universitas Indonesia menggelar acara Reaserach Day 2011 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP UI).

Research days merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk mempublikasikan berbagai hasil penelitian para sivitas akademika FISIP UI selama 1 tahun terakhir. Hasil penelitian dalam Research Day ini berupa kajian-kajian yang dilakukan oleh pusat-pusat kajian di FISIP UI. Kajian mandiri mahasiswa ( skripsi, tesis, disertasi), kajian-kajian mandiri staf pengajar, dan kajian-kajian ilmu sosial lainnya.

Muhammad Anis, Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan mengatakan, “Hasil penelitian yang dipamerkan diantaranya berjudul, Dari Corporate Social Responsibility (CSR) menuju Socially Responsible Corporation, Survei Nasional Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba pada Kelompok Anak Jalanan di 15 Provinsi Indonesia tahun 2010, Studi Pendataan Awal Masyarakat di Kabupaten Keerom Provinsi Papua, dan Kleptokrasi: Persengkongkolan Birokrat-Korporat di Indonesia.â€

Sementara itu Eko Prasojo, Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang hadir di acara tersebut menegaskan, bahwa kemajuan sebuah bangsa sangat terkait dengan kemampuan melakukan reformasi di bidang birokrasi, karena birokrasi adalah mesin bekerjanya sebuah Negara. Namun mesin birokrasi Indonesia saat ini ibarat mesin pesawat baling-baling (propeller) karena akutnya kondisi korupsi dan kompetensi para birokrat di dalamnya.

“Sedangkan di negara lain mesin birokrasinya sekelas pesawat Boeing bermesin double jet,†ujar Eko.

 

Icha

Foto : xaliberdeathlock.deviantart.com

Leave a Comment