fbpx

Gelar Diskusi, GEMAPSI Depok Bahas Sampah hingga Kerja Bakti

Kondisi terkini Taman Lembah Gurame dianggap sudah cukup baik. Namun perlu ada perbaikan di beberapa sektor, salah satunya terkait pemilahan sampah.

Hal ini menjadi salah satu pembahasan diskusi bertema Tata Ruang yang digelar Generasi Muda Pejuang Siliwangi Indonesia (GEMAPSI) Kota Depok, di Taman Lembah Gurame, Sabtu (12/3/2016).

Menggalang kembali semangat kerja bakti di masyarakat Kota Depok bisa menjadi salah satu solusi meminimalisir dampak buruk lingkungan akibat sampah.

“Depok bisa menjadi contoh kota kerja bakti,” tutur Ketua DPC GEMAPSI Depok, M. Bachrun.

Peran Pemkot juga diperlukan terutama dalam menegakkan kembali Perda tentang lingkungan. Demi berjalannya peraturan itu pemerintah diharapkan mau bermitra dengan seluruh elemen masyarakat dan mensinergiskan peranan struktural melalui camat hingga lurah untuk disampaikan ke tingkat paling bawah.

“Per-2017 Insyaa Allaah sudah bisa meluncurkan anggaran stimulan untuk kerja bakti tiap kelurahan (4 titik per kelurahan),” ungkap Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok, Wijayanto, di lokasi acara.

Saat ini, lanjut Wijay, masalah sampah di Depok ada di pengangkutan. Hal ini tentunya bisa menjadi bahan usulan program Walikota Depok.

“Selain itu peranan swasta juga diperlukan. Pemerintah saat ini baru bisa menghimbau. Harus ada fungsi lainnya seperti pengangkutan sampah terpilah oleh DKP,” tutur Wijay.

Diskusi terbuka itu juga dihadiri berbagai elemen masyarakat, mulai dari komunitas, LSM, hingga Ormas.

(Didit GEMAPSI/baf)

Leave a Comment