fbpx

Creator Facebook-commerce di Indonesia

Bila Anda pernah menggunakan aplikasi berbelanja online ( ECommerce ) internasional di situs jejaring sosial Facebook maka Anda tak asing dengan Mysellr. Nah, ternyata warga Depok lah the creator dari situs Mysellr di kancah internasional ini.rn

Hermawan Tjakradiwiria, warga Kelapa Dua, Cimanggis, Depok, Jawa Barat ini awalnya mendirikan Monoza yang merupakan titik awal dari Mysellr. Hermawan yang kini berusia 26 tahun ini mendirikan Monoza bersama Trajche Kralev saat keduanya masih menjadi mahasiswa di Jönkööing International Business School, Jönköping, Swedia.

 

Ide ini muncul ketika mereka sedang mencari sebuah solusi untuk menjual barang pribadi mereka di Facebook. Pada akhir tahun 2009, Hermawan dan Trajche mulai menciptakan sebuah aplikasi belanja di jejaring sosial.  Untuk mewujudkan ide mereka,  Hermawan mulai mencari mitra kerja yang potensial untuk menanamkan modalnya pada idenya tersebut.

 

Pada akhir 2010 mereka bertemu dengan pemilik www.121.nu salah satu direktori bisnis terbesar di Swedia. Setelah lama bernegosiasi, perusahaan induk www.121.nu yaitu ESEA INVEST AB tertarik untuk menanamkan modalnya untuk Monoza yang sekarang berganti nama menjadi Mysellr.

 

“Visi Mysellr sendiri adalah ingin mengaktifkan perdagangan di jejaring sosial. Juga ingin membantu para pengusaha kecil dan menengah untuk mempromosikan produk mereka ke situs jejaring terbesar di dunia tersebut,†tutur Hermawan yang juga CEO dari Mysellr.

 

Menariknya, Mysellr memiliki memiliki tiga ‘satelit’ di tiga tempat belahan dunia. Berkantor cabang di Jönköping, Swedia, dan menempatkan pengembangan dan penelitian perusahaan mereka di Jakarta. Namun, memiliki kantor penjualan di Constanta, Rumania.

 

Selain Hermawan dan Trajche, Mysellr kini dinahkodai oleh tiga rekan Hermawan lainnya, yaitu  Jonathan Isacsson,  Aaron Isacsson, dan Michael Tekin.

 

Mysellr yang telah aktif sejak pertengahan Juni 2011 ini telah meraup anggota sebanyak 5300 dengan 2% diantaranya adalah anggota prabayar. “Untuk saat ini, kita masih bergelut di jejaring sosial, mungkin ke depannya kita akan main di website juga,†ujar Hermawan.

 

Saat ini, Hermawan tengah menyiapkan rencana besar untuk membuat PT Mysellr Indonesia setelah sukses bersama rekan-rekannya di Swedia. Hermawan berencana ingin menembus pasar Indonesia. Baiklah, kita tunggu pengusaha kreatif muda asal kawasan kita untuk membuka lapangan kerja baru dan tentunya membuka harapan baru. Siapa menyusul?

 

Imam FathurrahmanrnFoto: IF

Leave a Comment