fbpx

Homeschooling Kini Resmi Hadir di Kota Depok

Ilustrasi-Homeschooling (istimewa).
Ilustrasi-Homeschooling (istimewa).

Depoklik.com – Pasca ditetapkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 129 Tahun 2014 tentang Homeschooling, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Depok Herry Pansila meresmikan aktivitas menyekolahkan anak di rumah, Senin, 20 April 2015, di pusat perbelanjaan Depok Town Square (Detos).

Dalam peresmian homeschooling sebagai bagian dari pendidikan non-formal, Herry didampingi Ketua Asosiasi Sekolah Rumah dan Pendidikan Kreatif (Asah Pena), Kusnanto. Dengan begitu, Asah Pena pun resmi hadir di Kota Depok.

Menurut Kusnanto, Asah Pena menjadi payung pada sekolah rumah dan pendidikan alternatif, serta menjadi mitra dan penggiat sekolah. “(Asosiasi) ini juga menjadi jembatan komunikasi antara penggiat sekolah rumah dengan pemerintah,” kata Kusnanto di lokasi peluncuran homeschooling.

Homeschooling dinilai memiliki peran yang baik bagi mereka yang tidak dapat melakukan belajar mengajar di sekolah regular. Untuk metode pembelajarannya disesuaikan dengan kebutuhan setiap anak.

Saat ini, Kota Depok telah memiliki 19 homeschooling yang tersebar di berbagai wilayah di Kota Depok. Masing-masing yayasan memiliki sekitar 40 siswa.

Soal ujian untuk para siswa, Herry menegaskan, nantinya para siswa yang tergabung di sekolah rumah akan dapat mengikuti ujian seperti siswa regular pada umumnya.

“Sekarang sudah tidak perlu ragu lagi karena homeschooling telah menjadi sekolah formal,” kata Herry.

Frd

Leave a Comment