fbpx

Ikatan Alumni UI Siap Bantu Depok Wujudkan Smart City

DEPOKLIK. Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia Arief Budhy Hardono menyatakan siap mengajak seluruh alumni UI untuk merealisasikan program smart city untuk Kota Depok. Hal ini dikatakannya saat berkunjung ke Forum Komunitas Hijau (FKH) Kota Depok, di Joglo Nusantara, Situ Pengasinan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (8/10/2016).

“Kita dorong 450 ribu alumni UI untuk berkontribusi di sini (Depok). Teman-teman bersedia support agar program terealisasi,” ujar dia.

Menurut alumnus Fakultas Teknik UI ini, selain pendekatan ke masyarakat juga diperlukan tools atau perangkat teknologi dalam penerapan smart city.

“Tools yang utama ya digital teknologi, yang terbesar dimiliki Telkom,” katanya.

Selain mewujudkan smart city, di bawah kepemimpinannya, program lain yang akan dijalankan Iluni UI adalah mengajak seluruh mahasiswa yang masih aktif untuk terjun langsung dan berkolaborasi dengan komunitas serta pemerintah Depok untuk mewujudkan pembangunan Kota Depok agar lebih baik ke depannya.

“Agar mahasiswa yang balik ke kampung halaman bisa teringat Depok,” ujar dia.

Sementara itu, Koordinator FKH Kota Depok Heri Syaefudin menyambut niat baik yang akan dilakukan oleh Iluni UI bagi Kota Depok.  “Salah satu misi kita membangun Depok dengan perangkat yang memadai,” ujar Heri.

Lonjakkan penduduk yang mulai tidak terkendali menjadikan perangkat teknologi diperlukan Depok demi menjaga ketertiban umum.

Kehadiran alumni UI yang ingin membantu Depok dalam smart city diharapkan bisa menjawab permasalahan yang sedang dialami Kota Depok.

“Mari sama-sama kita jadikan Depok sebagai laboratorium bersama dalam pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia,” kata dia.

Smart city sendiri menurut GM Local Goverment Service Telkom Indonesia, Yanto Setiawan, mempunyai misi menjadikan kota-kota di Indonesia menjadi lebih berimbang. Sedangkan dalam penerapannya harus bergerak dari buttom up. “Secara IT Depok sudah kuat,” kata dia.

Menyesuaikan dengan keberagaman dan kebutuhan kota-kota di Indonesia saat ini Telkom mengeluarkan sebuah konsep Smart City Nusantara. “Jangan sampai keberagaman local wisdom di Indonesia ditinggalkan dan akhirnya hilang,” ujarnya.

(baf)

Leave a Comment