fbpx

Inilah 5 Hal Ngangenin Yang Hanya Bisa Ditemui Di Bulan Puasa

DEPOKLIK. Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu umat Muslim di dunia. Selain diwajibkan berpuasa, Allah SWT menjanjikan limpahan amalan bagi yang memperbanyak perbuatan baik.

Puasa merupakan rukun Islam keempat setelah syahadat, shalat dan zakat. Dengan berpuasa kita dapat mengendalikan asupan makan dan minuman kedalam tubuh.

Di samping pahala berlimpah yang diberikan oleh Allah SWT, ada juga hal-hal yang hanya dilakukan pada bulan puasa. Penasaran hal apa sajakah itu? Yuk kita simak.

1. Taraweh

Saat yang paling dikangenin di bulan puasa adalah Shalat Taraweh. Dilakukan usai Isya, ibadah Taraweh ada yang melakukan sebanyak 11 dan 23 rakaat tergantung kebiasaan dan kepercayaan masing-masing.

Biar hati makin sejuk, selesai Taraweh paling afdol baca Al-Qur’an sambil i’tikaf di masjid.

2. Buka bersama (Bukber)

Momen bukber biasanya dimanfaatkan untuk berkumpul dengan keluarga atau reuni teman-teman lama. Gak jarang ajang ini dijadikan tempat CLBK bagi oknum-oknum yang gagal move on. Apa kamu salah satunya?

3. Ngabuburit

Ketika puasa paling bosan nunggu azan Magrib. Daripada ngebiarin mata ngantuk, mulut haus, perut lapar biasanya ABG punya cara ampuh mengusirnya, yaitu dengan kumpul bareng teman atau sekedar jalan-jalan sambil teriak “kiw…kiw” ke cabe-cabean yang lagi boncengan motor bertiga.

Tapi lebih bermanfaat kalau ngabuburit diisi dengan hal yang positif, seperti tadarus, bantuin emak abah bebenah rumah, atau ikut pengajian Ramadan.

4. Program TV sahur

Biasanya perusahaan tv berlomba-lomba menyajikan acara sahur. Ada yang berupa ceramah, tayangan sinetron religi, hingga talkshow yang dibilang orang gak nyambung sama makna puasa.

5. Bangunin orang sahur

Bangunin sahur mungkin bisa jadi yang paling seru dan dirindukan saat Ramadan. Jarang-jarang nih bisa bangunin orang dini hari sambil bikin gaduh. Tapi ini adalah budaya dan tradisi yang bisa bikin suasana Ramadan makin terasa.

(baf)

Leave a Comment