fbpx

Yuk Intip Produksi GSX 150 Di Pabrik Suzuki Bekasi

Pabrik PT SIM Plant Tambun 1, Bekasi Jawa Barat ditunjuk oleh PT Suzuki Indomobil Motor sebagai principal. Untuk memproduksi Suzuki GSX 150 motor yang menjadi kebanggan bagi Suzuki saat ini.

Pabrik ini memproduksi 9.000 unit Suzuki GSX-150 per bulannya untuk pasar dalam negeri dan internasional. Jumlah tersebut diperkirakan cukup untuk membangkitkan kembali penjualan sepeda motor Suzuki di Indonesia.

PT SIM menerapkan satu line produksi dengan satu shift pekerjaan untuk memproduksi GSX 150. Dengan sistem ini setiap 90 detik, satu unit Suzuki GSX-150 pun lahir.

PT SIM juga membagi dua bagian proses perakitan berdasarkan material, yaitu logam dan plastik. Keduanya kemudian disatukan dalam proses perakitan.

Untuk komponen logam, PT SIM memproduksi frame, fuel tank, swingarm, muffler dan rim wheel.
Sementara untuk bahan dasar plastik hanya melalui tahap injection dan painting. Dalam tahap injection ini, bahan plastik masuk ke dalam sebuah mesin hingga sekitar 40 detik kemudian, komponen yang diperlukan sudah terbentuk. Suzuki GSX 150 hanya memanfaatkan komponen plastik untuk body parts pada bagian luar saja.

Setelah seluruh komponen siap, masuk pada tahap assembling. Pada tahap ini, komponen dirakit sampai menjadi 1 unit motor. Setelah perakitan selesai, motor masuk ke bagian dyno test.

Ivan Yoliga, Assisten to Department Head Production 2W PT SIM mengatakan,

“Pada setiap tahapan kami melakukan pengecekan untuk memastikan kualitas produk kami. Pengecekan tersebut dilakukan dengan dua metode yaitu pengujian 100 persen untuk setiap komponen dan metode sampling. Semua disesuaikan dengaan kebutuhan masing-masing,” pungkasnya.

Leave a Comment