fbpx

Panduan Investasi Yang Menguntungkan Bagi Pemula Dengan Modal Minim Tanpa Perlu Menguras Waktu

Bagi pemula di dunia investasi mencari investasi yang menguntungkan dengan modal minim demi menghasilkan pundi pundi rupiah yang sustainable (berkelanjutan) memerlukan ketelitian yang tepat agar tidak terjebak kerugian.

Sebelum mulai memilih produk investasi masa depan ada baiknya kita memahami lebih dulu pengertian invesasi yang menguntungkan. Tujuannya agar anda lebih berkomitmen dengan pilihan investasi yang nantinya anda pilih

Pengertian Investasi yang menguntungkan adalah investasi dimana dana yang Anda masukkan akan diputar dan baru dapat dicairkan setelah jangka waktu tertentu yang disertai dengan keuntungan dan berkah.

Secara umum banyak pilihan investai yang menguntungkan, seperti investasi dalam aktiva tetap, saham, ataupun deposito. Namun sebagai investor cerdas, jangan kita lupakan pertanyaan

apakah investasi saya bersifat RIBA?” Oleh sebab itu investasi berbau RIBA tidaklah termasuk kedalam investasi yang menguntungkan

Manajemen Resiko Investasi

Melihat profil usaha dan resiko investasi merupakan syarat mutlak yang harus diperhatikan investor baru bahkan yang sudah profesional sekalipun agar uang yang telah digelontorkan untuk investasi jangka panjang bisa memberikan nilai tambah yang sesuai harapan.

Setidaknya ada 2 jenis resiko investasi yang perlu anda ketahui sebelum memulai, dan hal ini wajib anda masukan dalam hitung hitungan. Misalnya saat merancang investasi jangka panjang dalam akuntansi

jenis jenis resiko berinvestasi
Jenis resiko dalam berinvestasi yang dibedakan menjadi sistemik dan non-sistemik

Pengertian Resiko dalam berinvestasi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu systematic risk dan unsystematic risk.

Systematic risk merupakan jenis resiko yang secara sunnatullah selalu ada dan tidak dapat dihilangkan dengan diversifikasi serta dipengaruhi oleh market risk.

Contohnya, bunga (interest rate risk), kenaikan inflasi, ataupun trend pasar.
Sedangkan unsystematic risk adalah jenis resiko berinvestasi yang masih dapat dihilangkan dengan cara diversifikasi dan pemanfaatan portfolio.

unsystematic risk atau resiko non-sistemik umumnya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang ada dalam business risk dan financial risk hingga operasional risk. Contohnya adalah siko investasisiko karna faktor politik di negara tertentu.

Meskipun investasi terkesan mudah dijalankan oleh orang awam, namun investasi memerlukan kesabaran jangka panjang sehingga dibutuhkan pemahaman fiqh dalam berinvestasi dan keputusan keputusan yang tepat dari para investor.

Nantinya Anda bisa mempelajarinya dari kawan yang telah terlebih dahulu melakukan investasi atau bisa bertanya di amartha.com.

Pilihan investasi yang menguntungkan Berdampak Sosial

Banyak cara berinvestasi, seperti dengan investasi emas, reksa dana, hingga deposito yang kesemuanya kini dapat ditemukan layanan investasi online.

Meski demikian ada banyak alternatif lain cara berinvestasi bila Anda ingin menanamkan modal yang dimiliki, contohnya dengan memanfaatkan platform peer to peer (P2P) lending untuk berinvestasi.

Baca juga: 4 Investasi Modal Kecil Yang Terjamin Menguntungkan Hingga 700 Kali Lipat

Dengan platform ini investor akan mendapatkan banyak kemudahan dalam berinvestasi, karena P2P sendiri merupakan sebuah wadah yang mempertemukan investor (pemodal) dengan borrower (peminjam).

pinjaman gagal bayar
pinjaman gagal bayar ditekan hingga 0%

Memiliki portofolio baik dengan 0 persen gagal bayar sejak pertama kali didirikan, Amartha.com menjadi perusahaan Financial Technology (FinTech) yang sukses menyalurkan dana hingga 40 milyar kepada 23 ribu lebih anggotanya yang terdiri dari kaum perempuan di pedesaan.

Perempuan dan Kesempatan Bersaing di Sektor Informal

Investasi yang menguntungkan bukan hanya dirasakan investor, namun juga para peminjam. Inilah yang mendasari Amartha untuk memberikan kemudahan dan kesempatan bagi para borrower di daerah pedesaan untuk mendapatkan layananan keuangan, khususnya kepada kaum perempuan.

Mengapa perempuan?

pinjaman modal budidaya ikan cupang
pinjaman modal budidaya ikan cupang

Berdasarkan piramida kemiskinan, wanita berada pada kategori miskin dari yang termiskin. Dengan menyediakan layanan keuangan yang mudah akan memberikan mereka kesempatan untuk bersaing di berbagai sektor informal: pertanian, peternakan, menjahit, dan masih banyak lagi.

Peran Amartha dalam Kebangkitan Ekonomi Inklusif di Indonesia

meningkatkan produktivitas usaha

Keberhasilan Amartha mengembangkan platform peer to peer (P2P) lending untuk memberikan akses keuangan hingga pelosok pedesaan menjadi nafas baru bagi kemajuan pembangunan di daerah.

Amartha telah mencontohkan bagaimana kaum perempuan di pedesaan mampu bersaing dari sisi ekonomi. Fitria misalnya. Berkat pinjaman dari Amartha, wanita 33 tahun ini sukses berbisnis konveksi. Bahkan ia kini telah memiliki 7 orang pegawai dan 100 murid kursus menjahit.

Hal sama juga dirasakan Onih, seorang pengerajin anyaman keset. Berkat modal awal yang diberikan Amartha sebesar Rp. 500 ribu dari Amartha, ibu tiga anak ini bisa memiliki penghasilan hingga Rp. 450 ribu per minggu.

Dengan melihat contoh tersebut sudah tentu Amartha memberikan investasi jangka panjang yang menguntungkan tidak hanya diberikan bagi para investor, namun juga peminjam.

Bagi para investor, Amartha memberikan imbal hasil sesuai hingga 20 persen per tahun. Dengan pembagian sebesar itu, berinvestasi di Amartha lebih menguntungkan dari jenis investasi manapun.

Jadi, mulailah pilih investasi jangka panjang yang menguntungkan dan memiliki impact sosial bagi kemajuan ekonomi kerakyatan yang menjadi tulang punggung perekonomian nasional.

Semua bisa didapatkan di Amartha.comAyo mulai berinvestasi

Leave a Comment