Istri Ahok Ungkap Alasan Pihaknya Mencabut Permohonan Banding

Pihak terpidana kasus penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mencabut pengajuan banding terhadap putusan hakim dalam kasusnya, Senin (23/5).

Veronica Tan, Istri Ahok menegaskan, pencabutan permohonan banding suaminya tidak lain untuk kepentingan semua.

“Karena untuk kepentingan semua, kepentingan bersama. Dalam arti, kita tidak akan memperpanjang lagi. Kita akan menjalankan apa yang diputuskan saja,” kata Veronica di Jakarta, Selasa (23/5).

Dalam kesempatan ini, Veronica membacakan surat dari Ahok untuk para pendukungnya serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada para relawan dan pendukungnya.

“Saya mau berterima kasih kepada Saudara-saudara yang terus mendukung saya dalam doa, kiriman bunga, makanan, kartu ucapan, surat, buku-buku, bahkan dengan berkumpul menyalakan lilin,” katanya mengutip surat dari suaminya.

Dalam suratnya, Ahok juga mengatakan tidaklah tepat saling unjuk rasa dalam proses yang sedang ia alami saat ini.

“Saya khawatir banyak pihak akan menunggangi jika para relawan unjuk rasa. Apalagi benturan dengan pihak lawan yang tidak suka dengan perjuangan kita,” kata Ahok dalam suratnya.

Pengamat Hukum Pidana, Mudzakir menilai, jika ada aksi menuntut Ahok dibebaskan, maka ada agenda lain dalam aksi itu. Sebab seharusnya pendukung Ahok menerima keputusan Ahok untuk mencabut banding atas vonis PN Jakarta Utara.

“Berarti itu menunjukan agenda tersendiri yang agenda tesebut tidak bersama dengan Pak Ahok, dengan kata lain, dia dompleng Pak Ahok,” ujarnya, Selasa (23/5).

Menurut Mudzakir, menuntut bebaskan Ahok dan lain sebagainya justru akan menimbulkan pertanyaan-pertanyaan hukum lainnya. Akan ada indikasi yang sangat besar terkait menggunakan kasus Ahok untuk kepentingan tertentu.

“Saya kira ini harus ditangkap pemerintah, awas ini ada apa kalau masih ada gerakan, kalau Ahok sudah menerima,” katanya lagi.

Leave a Reply