Jelang May Day Ribuan Buruh Bekasi Ikuti “Aksi” Khatam Al Quran

Lebih dari  5000 buruh berkumpul di Masjid Baitul Mustofa Kawasan Industri MM2100 Cikarang Barat, Jumat (28/4). Menjelang peringatan Hari Buruh yang bertepatan 1 Mei mendatang bisa jadi kegiatan ini menjadi alternatif peringatan MayDay yang diperingati setiap tahun dengan berunjuk rasa dan aksi turun ke jalan.

Cara yang lebih bermakna seperti dilakukan oleh lebih dari 5.000 buruh di Bekasi ini adalah dengan mengikuti khataman Alquran bersama Nusantara Mengaji.

Lantunan ayat suci Al Quran menggema, mengetuk pintu langit dan memanjatkan doa bagi perubahan nasib buruh sekaligus kondisi bangsa dan negara yang sedang ditimpa berbagai cobaan. Dalam kegiatan ini tampak hadir sejumlah tokoh nasional, diantaranya Menakertrans M Hanif Dhakiri, Inisiator Nusantara Mengaji A Muhaimin Iskandar, dan Koordinator Nasional Nusantara Mengaji Jazilul Fawaid.

Jazilul Fawaid selaku Koornas Nusantara Mengaji mengatakan, kegiatan khataman ini adalah bentuk kepedulian dalam merangkul buruh bersama-sama menguatkan aspek religiusitas sebagai modal penting meningkatkan produktivitas dan profesionalitas kerja.

Al Quran memiliki daya untuk membuka pintu – pintu langit agar doa-doa yang dipanjatkan mendapat ijabah dari Allah.

“Inisiatif kita ini insya Allah mencetak sejarah sebagai kegiatan perdana di dunia yang menyambut May Day dengan khataman Alquran,” kata Jazilul yang juga merupakan Ketua Umum Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) Jakarta ini.

Inisiator Nusantara Mengaji, A Muhaimin Iskandar mengatakan kegiatan ini adalah sebagai ikhtiar membangun bangsa, terutama menanamkan dan penguatan aspek mental Islam dengan cara mengkhatamkan Al Quran.

Menurut Cak Imin, sapaan akrab A Muhaimin, khataman Al Quran memiliki khasiat langsung dan tidak langsung dalam kehidupan. Semua jajaran pemerintah sudah bekerja keras untuk terus memperbaiki kehidupan bangsa supaya maju, adil, dan makmur dan mampu bersaing degan negara – negara lain.

“Tapi kenyataannya kerja keras ini masih belum maksimal,” katanya

Di sinilah pentingnya khataman Al Quran, dalam rangka memohon berkah kepada Allah agar bangsa ini menjadi bangsa yg maju dan adil serta mampu bersaing dengan bangsa lain. Bekerja sambil kemudian tawakal kepada Allah merupakan cara terbaik bagi bangsa ini.

Leave a Reply