fbpx

Komunitas Alumni ITB Depok Didik 5000 Guru Unggulan

DEPOKLIK. Suksesnya pendidikan tentunya tidak lepas dari peran guru yang tak hanya sebagai tenaga pengajar tapi juga sebagai inspirator siswanya. Oleh karenanya, peningkatan kapasitas dan kualitas guru menjadi bagian penting dari pelaksanaan pendidikan tersebut.

Dalam rangka itu, Komunitas Alumni ITB Depok bersama School of Universe berinisiatif menggelar program peningkatan tenaga pengajar bertajuk “High Quality Teacher Training” yang berarti Menjadi Guru yang Menggugah dan Mengubah.

Kegiatan tersebut dilakukan di Universitas Indonesia pada 5 November 2016 dan diikuti oleh 85 guru dari 32 sekolah se-Kota Depok.

Kegiatan ini menyajikan berbagai materi peningkatan kualitas pendidik diantaranya konsep pendidikan sejati, lesson plan (perancangan pembelajaran menyenangkan), implementasi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.

Materi dibawakan langsung oleh tim School of Universe pimpinan Lendo Novo, yang juga founder Sekolah Alam.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Sosial Pemerintah Kota Depok, Herman Hidayat didampingi oleh  Sekretaris Jenderal Komunitas Alumni ITB Depok, Setiawan Eko Nugroho.

Herman mengatakan, pemerintah depok menyambut baik kegiatan ini, karena berkorelasi dengan visi Kota Depok, khususnya dalam hal keunggulan. “Guru yang berkualitas pada akhirnya akan melahirkan anak didik yang berkualitas,” paparnya.

Sementara Eko, Sekjen Komunitas Alumni ITB Depok menyampaikan bahwa kegiatang training guru ini merupakan kegiatan perdana Kompartemen Pendidikan.

“Kami mencanangkan akan mendidik 5000 guru di depok dalam lima tahun ke depan,”ujarnya.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sumbangsih alumni terhadap pembangunn kota khususnya di bidang pendidikan,” tambahnya .

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan akan ada peningkatan kualitas Guru di Kota Depok dalam mendidik siswa.

“Harapannya adalah akan semakin banyak guru di lingkungan Kota Depok yang memiliki semangat dan kompetensi menjadi guru yang menggugah dan juga mengubah perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik serta dapat membangun suasana belajar yang menyenangkan dan membahagiakan bagi peserta didik dengan metode kreatif dan membangun karakter positif,” sebut Ketua Panitia Penyelenggara, Asdo Alam.

(Rilis Komunitas Alumni ITB Depok/baf)

Leave a Comment