fbpx

Komunitas Earth Hour Depok Mulai Lancarkan Aksi

Foto bersama sukarelawan EH Depok dan perwakilan komunitas dalam acara puncak Earth Hour Day 2012

Earth Hour atau Jam Bumi merupakan kegiatan tahunan warga dunia, yang merupakan sebuah gerakan penyelamatan energi melalui penghematan listrik. Biasanya, momentum puncak kegiatan ini digelar pada hari Sabtu terakhir di bulan Maret, dengan aksi penghentian penggunaan elektronik, termasuk pemadaman lampu selama satu jam.

Untuk tahun ini, Earth Hour di Depok, yang digawangi komunitas Earth Hour (EH) Depok optimis menyukseskan penghematan energi di Kota Depok dengan aksi yang berkesinambungan.

Bila tahun kemarin Earth Hour Day di Depok sukses melakukan penghematan hingga 200.620 Kwh atau kurang lebih senilai Rp 240 juta, serta memadamkan landmark Margocity sebagai puncak acaranya, kini, apa ya aksi mereka tahun ini?

Penasaran dengan aksi Earth Hour tahun ini, depoklik pun sempat berbincang santai melalui sebuah live interview di jejaring sosial twiter melalui akun @depoklikcom, dengan admin komunitas @EHdepok.

“Konsep tahun ini melibatkan banyak partisipan, baik itu warga, Pemkot, korporasi, kampus, sekolah, dan lain-lain,” ungkap sang admin. Selain itu, lanjutnya, akan ada aksi mingguan. “Jadi, tak hanya di 23 Maret nanti.”

Bicara soal lokasi kegiatan puncak di hari-H nanti, EH Depok tak lagi hanya memusatkan di Margonda, namun disebar di beberapa titik di setiap kecamatan.

“Pada kegiatan puncaknya, kami mengundang Wali Kota Depok, Kepala BLH Depok, Abang Mpok Depok, tokoh-tokoh masyarakat dan komunitas tentunya, untuk berpartisipasi,” jelasnya.

Hingga saat ini, EH Depok terus membuka pendaftaran untuk sukarelawan Earth Hour Day. Nah, bila Anda ingin ikut berpartisipasi memberikan sumbangsih penyelamatan bumi, bisa mendaftarkan diri dengan klik dan mengisi form EHdepok.

Tahun ini, EHdepok mengaku tidak memprioritaskan target penghematan energi di hari-H Earth Hour Day, namun lebih condong pada pembangunan kesadaran warga. “Yang paling utama adalah penyadaran serta keberlangsungan gaya hidup ramah lingkungan. Sehingga tak hanya hari itu saja efisiensinya, tetapi juga di hari-hari lainnya. ” EH Depok sendiri optimis, bahwa di Depok aksi ini tidak berwujud tahunan, melainkan akan menjadi aksi mingguan.

Tak hanya kampanye hemat energi/listrik, menurut EHdepok, komunitasnya juga kampanye isu lingkungan lainnya, seperti; sampah, kertas atau tisue, dan transportasi umum.

Baiklah, sukses terus untuk komunitas EH Depok. Yuk, matikan lampu dan alat elektronik yang tidak terpakai, kita mulai sebuah “Aksi kecil untuk perubahan besar”. #IniAksiku.

Debie Cyntia

Foto: dok. depoklik- EH Depok 2012

 

Leave a Comment