fbpx

Larangan Membawa Laptop ke AS Akan Bermasalah Dengan Negara-negara Eropa

Baru-baru ini, pemerintah Amerika Serikat melarang penumpang dalam perjalanan ke AS dari beberapa negara Timur Tengah untuk membawa gadget elektronik apa pun selain smartphone ke dalam kabin. Sekarang nampak hal tersebut juga akan mempengaruhi negara-negara Eropa.

Menurut laporan, Presiden Trump berencana untuk melarang laptop dan gadget elektronik lainnya dari penerbangan yang berasal dari Eropa. Larangan tersebut diduga sebagai tanggapan atas laporan intelijen yang mengatakan ada upaya oleh teroris untuk menyelundupkan bahan peledak ke pesawat dengan menyamarkannya sebagai gadget elektronik – seperti laptop.

Penumpang yang ingin membawa perangkat ini bersama mereka di pesawat terbang harus menyimpannya di tempat penyimpanan.

Gillian Christensen, juru bicara Departemen Keamanan Dalam Negeri AS, mengatakan,

“Kami telah mengatakan bahwa kami akan terus mengevaluasi ancaman dan membuat keputusan berdasarkan penilaian tersebut, namun kami belum membuat keputusan untuk memperluas pembatasan saat ini terhadap perangkat besar elektronik di kabin pesawat terbang dari bandara terpilih.”

Sementara larangan tersebut mulai diberlakukan pada saat ini, dikabarkan bahwa salah satu negara yang mungkin terkena dampaknya adalah Inggris.

“Meskipun tidak dipastikan bahwa larangan tersebut akan diperluas ke Inggris, AS mempertimbangkan untuk melakukannya,” kata seorang sumber dari Whitehall.

Jika ini memang menjadi kenyataan, dampaknya akan lebih besar dari sekedar pelanggan yang tidak nyaman .

Sementara pada umumnya banyak orang lebih suka bekerja di laptop mereka saat dalam perjalanan, diketahui juga bahwa banyak perusahaan penerbangan menawarkan untuk menyediakan tempat duduk kelas bisnis bagi pelanggan mereka karena mereka masih dapat bekerja saat dalam perjalanan.

Mengingat rute London – New York adalah yang tersibuk di dunia, jumlah orang yang terkena dampak akan signifikan.

Sementara perusahaan mungkin mengurangi perjalanan semacam itu atau menurunkan tiket ke kelas ekonomi, banyak maskapai juga memperoleh pendapatan dari layanan yang menyertainya seperti Wi-Fi.

Pelarangan laptop pasti akan mempengaruhi aliran pendapatan alternatif ini.

Leave a Comment