fbpx

Lewat Buku, PNS Depok Ini Kampanye Internet Sehat untuk Anak

rita
Rita Nurlita (Tengah)

Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Depok, istri, sekaligus ibu bagi dua anak tidak membuat sosok Rita Nurlita berhenti untuk berkarya. Dengan kesibukan yang cukup padat, dirinya berhasil menorehkan sebuah karya tulis berjudul ‘Terjebak di Dunia Maya, Cara Sehat Menggunakan Internet untuk Anak.’

Ide menulis buku dimulai saat dirinya ikut mengkampanyekan Gerakan Internet Sehat yang digagas tempat kerjanya, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok. Dari kegiatan itu terlihat bagaimana kekhawatiran para peserta terhadap masalah kecanduan internet dan games yang dialami anak-anak mereka.

Keinginannya menulis buku juga muncul saat dirinya membaca postingan teman-temannya di media sosial yang prihatin konten media (TV dan Internet), lebih banyak memunculkan hal kurang mendidik, seperti berita hoax, pornografi, kekerasan dan bullying. Dampaknya akan sangat buruk, seperti malas bersosialisasi hingga kerusakkan moral pada anak.

Ia juga mengakui ide menulis buku ini berdasarkan pengalaman pribadinya saat mengamati ke dua anaknya yang telah mahir bermain games di internet. Mereka jadi tidak mau beraktivitas dan bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya.

“Dari sana aku ingin menulis buku yang bisa membuat anak-anak tetap melek teknologi dan internet, tapi bisa memanfaatkannya secara sehat untuk hal-hal yang positif,” ujarnya kepada Depoklik melalui pesan singkat, Minggu (3/1/2016).

Menurut Rita hal tersulit dalam menulis buku ini ketika harus membagi waktu antara pekerjaannya sebagai PNS dan ibu rumah tangga. “Statusku sebagai PNS dan ibu dari dua anak membuatku cukup susah mencari waktu menulis. Jadi hanya bisa menulis pada malam hari, saat anak-anak sudah tidur,” tutur Rita.

Sebagai penulis pemula, untuk tembus ke perusahaan penerbitan bukanlah hal mudah. Tak heran hal itu sempat membuat dirinya dilanda rasa galau, takut-takut tulisannya ditolak pihak penerbit. “Jadi saat penulisan naskah hingga buku ini terbit membuatku harap-harap cemas,” ungkap Rita.

Gayung pun bersambut. Perasaan bahagia menghampiri suami dari Setia Bungsu ini, manakala penerbit dari Mizan tertarik dengan naskah yang ia kirimkan. Sejak terbit perdana pada pertengahan Oktober 2015, respon penjualan buku pertamanya itu cukup baik. Terbukti di satu bulan pasca launching, buku ini berhasil terjual hingga 250 eksemplar.

“Buku ini telah terjual ke seluruh Indonesia, dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Bahkan hingga ke Qatar,” tegas wanita yang tinggal di Gema Pesona Depok ini.

Sebenarnya dunia menulis bukanlah hal baru untuk Rita. Sebelum terbitnya buku tersebut, tulisannya berupa artikel dan opini pernah dimuat di berbagai media, baik lokal maupun nasional. Tak heran, sambutan positif terhadap bukunya datang tak hanya dari para pembaca dan keluarga. Rekan-rekannya sesama PNS di Diskominfo Depok turut mengapresiasi karya Rita itu.

“Dukungan Pak Kadis (Fitriawan) dan teman-teman kantor sangat positif. Buku saya diterima dengan baik. Selain temanya sesuai dengan program Kominfo terkait Gerakan Internet Sehat, buku ini juga bisa memperkaya literasi tentang hal tersebut,” ujar pengagum Pidi Baiq ini.

Rita mengakui, berkah dari terbitnya buku yang ia tulis sepanjang bulan Ramadhan tahun lalu itu bisa membawa dirinya bertemu dengan banyak orang, salah satunya Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudi Antara. “Berkat buku ini aku sempat beraudiensi dengan Pak Menkominfo,” ujarnya.

Ibu dari Gianina Zahira Setia dan Alyandra Shabira Setia ini berharap agar buku tersebut mampu memberikan manfaat untuk banyak orang, terutama orangtua dan anak-anak agar bisa lebih bijak dalam menggunakan internet secara sehat.

Jadi, bagi Anda yang penasaran dengan buku karya Rita Nurlita bisa langsung membelinya di Gramedia seluruh Indonesia. Atau, bila ingin melakukan pembelian secara online, Anda dapat mengunjungi situs kutubuku.com, jualiono.com, dan mizanstore.com. Buku ini juga bisa dipesan langsung melalui Komunitas Sahabat Anak di nomor telpon: 085695300053 atau 085710963235.

(BAF)

Leave a Comment