fbpx

Makan Pancong Pagi, Siang, Tengah Malam

Siapa yang tak kenal kue pancong Mang Kumis dan Pak Dadang, makanan murah namun rasanya nagih ini sudah ada di Depok, Jawa Barat sejak tahun 1980. Hampir seluruh masyarakat Depok mengenalnya dengan kedai pancong keju dan susu (pasuke).

Meski tempatnya mirip dengan warung kopi, tetapi hampir ratusan anak muda dan tua, hilir mudik ke kedai yang ada di Jalan Komodo Raya, persis di samping kiri kantor Kelurahan Depok Jaya. Maka tak heran, bila omset tiap bulan kedai pancong ini mencapai 3 juta rupiah.

Apalagi, kedai ini buka, hingga 24 jam. Salah satu penikmat pancong Akbar Fahmi mengaku, selepas pulang bekerja, pasti menyempatkan untuk mampir menikmati sepiring kecil pancong keju dan susu dengan harga 6000 rupiah. “Pancong yang baru diangkat bau wangi adonan kuenya buat perut jadi lapar, selain itu parutan keju dan susunya terasa maknyuss di lidah,†ujarnya kepada depoklik.

Ciri khas kedai pancong ini adalah porsi yang sengaja ditambahkan untuk berbagai panganan pancongnya. Selain itu bagian bawah pancong sengaja dibuat garing.

Dengan harga pancong dari Rp 1.000,-  hingga Rp 7.000,- rupiah cocok untuk berbagai kalangan. Jika bertandang ke kedai pancong tersebut, sempatkan memesan minuman sucang (susu kacang hijau). Minuman yang berasal dari rendaman air kacang hijau dan diberi campuran susu itu, begitu terasa gurih dan manis ketika diseruput. Dengan harga Rp 3.000,-  nikmati air sucang, dapat dengan keadaan dingin ataupun hangat ketika diminum. Selamat menjajal kuliner malam di Depok.

 

Retno Yulianti
Foto: Noe

Recommended For You

About the Author: fredrick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *