fbpx

Kelas Lingkungan dan Kreatif, Belajar Memanfaatkan Air-Barang Bekas

Ilustrasi-Memanfaatkan barang bekas yang ramah lingkungan (istimewa).
Ilustrasi-Memanfaatkan barang bekas yang ramah lingkungan (istimewa).

Depoklik.com – Earth Hour Depok bekerja sama dengan Mobile WWF mengadakan acara kelas lingkungan dan kelas kreatif yang digelar di Depok Town Square (Detos), Sabtu, 21 Maret 2015, pukul 14.00-17.00. Kelas lingkungan merupakan acara rutin bulanan yang diadakan oleh Earth Hour Depok. Sementara untuk kelas kreatif baru diadakan kali pertama.

Kelas lingkungan bertemakan “Air” karena bertepatan dengan Hari Air yang jatuh pada 22 Maret 2015. Pemateri dari kelas lingkungan adalah Mpok Amira dan Abang Sammy (Abang Mpo Duta Lingkungan Kota Depok 2014) dan Bella Chyntia (Finalis Putri Bahari 2014 perwakilan Kalimantan Utara). Sedangkan kelas kreatif menerapkan 3 R, yaitu Reduce, Recycle, dan Reuse, pemateri diberikan oleh para volunter dari Mobile WWF.

Earth Hour Depok merupakan komunitas yang bergerak di bidang sosial dan lingkungan yang memberikan edukasi mengenai gaya hidup ramah lingkungan melalui hemat energi. Sedangkan Mobile WWF merupakan kegiatan konservasi di area publik. Tujuannya untuk melibatkan masyarakat dalam upaya perlindungan alam Indonesia dan menyebarkan pesan konservasi kepada publik Indonesia melalui kegiatan kampanye dan edukasi.

Dengan diadakannya acara ini dapat menambah wawasan peserta mengenai manfaat air dan cara pemanfaatan barang bekas.

“Tujuannya memberikan pengetahuan kepada peserta lingkungan tentang manfaat air, tentang pencemaran air, dan lain-lain. Kalau untuk kelas kreatif tujuannya untuk memberitahukan kepada peserta kalau ternyata tuh dari barang bekas kita bisa jadiin sesuatu. Salah satunya di kelas kreatif tuh membuat tas dari baju bekas,” kata Andra, saat berbincang dengan Depoklik.com di Detos.

Andra menambahkan, peserta di kelas lingkungan dan kreatif tidak ada batasan umur, dari SD, SMP, SMA, bahkan ibu rumah tangga dapat bergabung.

“Harapannya berjalan dengan lancar, apa yang kita sampaikan bermanfaat dan dapat diterapkan oleh setiap peserta lingkungan dan kreatif,” pungkasnya.

Frd

Leave a Comment