3 Hal Penting Sebelum Memilih Aplikasi Akuntansi Online, Perhatikan Ini

Sebelum membahas terkait apa yang harus diperhatikan ketika akan menggunakan atau memilih aplikasi akuntansi online. Software akuntansi online sendiri secara umum merupakan sebuah program aplikasi yang dirancang khusus untuk mempermudah pekerjaan seseorang dalam pencatatan transaksi usaha. Seperti misalnya account payabel, buku besar dan berbagai macam kegiatan pencatatan akuntansi lain yang menghasilkan pelaporan keuangan.

Menariknya Teknologi tersebut juga mengizinkan penggunanya untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan penggunanya untuk mengakses datanya melalui komputer dengan akses internet. Melihat perkembangan teknologi saat ini yang semakin meningkat membuat pemilihan software akuntansi online harus dilakukan dengan berbagai pertimbangan penting, ditambah lagi tersedianya software akuntansi online gratis yang menjamur. Sebab jika asal memilih malah membuat mubazir hanya karena aplikasi akuntansi tersebut tidak bisa dipakai.

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum memilih software akuntansi online:

1. Mengenali berbagai jenis aplikasi akuntansi online yang ada

Saat ini, berbagai jenis aplikasi akuntansi sangat banyak dan mudah ditemui. Dimana pelaku bisnis ditawarkan berbagai aplikasi akuntansi yang tepat untuk bisnisnya. Tentunya antara aplikasi akuntansi online yang ditawarkan dapat memiliki fitur atau fasilitas dan keunggulan yang berbeda-beda.

Seperti halnya Zahir Online yang memiliki beberapa manfaat diantaranya akses antarcabang terintegrasi sehingga dapat membantu dalam membuat laporan keuangan perusahaan secara real time yang juga memudahkan dalam pengambilan keputusan bisnis.

Selain itu, Zahir Online juga dapat memudahkan dalam memonitor inventori antar cabang dan mengontrol kewenangan setiap user. Untuk itu, sangat penting bagi pelaku bisnis dalam mengenali berbagai jenis aplikasi akuntansi online yang tentunya tepat bagi bisnis yang sedang dijalankan.

2. Memiliki sertifikasi keamanan

Jika ingin memilih aplikasi akuntansi online maka pertimbangkan aplikasi yang memiliki sertifikasi keamanan yang jelas. Mengingat sebuah aplikasi akuntansi online yang aman, pasti juga memiliki jaminan keamanan yang telah diakui oleh otoritas lembaga yang berwenang seperti otoritas jasa keuangan. Dimana dengan memegang lisensi keamanan dari lembaga bersangkutan, maka dapat dipastikan jika aplikasi akuntansi online tersebut resmi terdaftar dan mengikuti prosedur keamanan yang telah di akui.

3. Memberikan garansi keamanan

Selain memiliki sertifkasi keamanan, aplikasi akuntansi online yang baik adalah yang dapat memberikan garansi keamanan untuk produk aplikasinya. Garansi tersebut menjadi tanda bahwa aplikasi tersebut memiliki usaha untuk menjaga kerahasiaan data keuangan mitra usaha sebagai jaminan kualitas keamanan yang ditawarkan. Untuk itu, ketika aplikasi akuntansi online bersedia memberikan garansi keamanan tentu perlu dipertimbangkan.

 

Leave a Reply