Mentan Pastikan Stok Pangan Ramadhan Dan Idul Fitri 2017 Aman

Pemerintah memberikan jaminan ketersediaan stok pangan menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran tahun ini. Bahkan komoditas pangan bisa didapatkan masyarakat dengan harga wajar.

Menurut menteri pertanian Andi Amran Sulaiman, keberhasilan pertanian Indonesia dalam menghadapi anomali el-nino di sejumlah daerah menjadikan stok pangan nasional aman hingga tahun 2019 mendatang.

Tercatat saat ini stok gabah dan beras nasional mencapai 2 juta ton. Pemerintah menargetkan hingga akhir tahun ini akan bertambah hingga 2,5 juta ton. Jika bisa mencapai 3 juta ton, dipastikan stok gabah dan beras nasional sampai tahun 2019 aman.

Pemerintah tidak perlu lagi melakukan impor beras karena stok pangan sudah sangat mencukupi. Dengan stok yang mencukupi hingga tahun 2019, diharapkan tidak ada kenaikan harga yang signifikan.

“Khususnya pada saat memasuki bulan Ramadhan dan Lebaran, yang akan tiba beberapa bulan lagi,” jelas Amran, saat melakukan kunjungan kerja di Ungaran, kabupaten Semarang, Selasa (11/4).

Mentan juga menyampaikan, selain menjamin ketersedian pangan menjelang hari raya Idul Fitri 2017 mendatang, Kementerian Pertanian juga akan menindak tegas para tengkulqk yang membuat harga pangan di Indonesia melambung tinggi.

Terkait hal ini, kementan telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak, untuk mencegah terjadinya praktik tengkulak pangan. Satgas Pangan ada di kepolisian dan juga di Kementerian. Satgas Pangan ini juga melibatkan KPK dan Kejaksaan.

Leave a Reply