Normalisasi Diliburkan, Situ Pengarengan Kembali Dipenuhi Eceng Gondok

eceng gondok kembali memenuhi Situ Pengarengan, Minggu (4/1/2015) (foto: wartakota.tribunnews.com).
eceng gondok kembali memenuhi Situ Pengarengan, Minggu (4/1/2015) (foto: wartakota.tribunnews.com).

Diliburkannya aktivitas normalisasi di Situ Pengarengan selama sepekan terakhir akibat pergantian tahun, eceng gondok kembali memenuhi sebagian Situ Pengarengan yang berada di sisi Jalan Juanda, Depok, Minggu (4/1).

Padahal sebelumnya Situ Pengarengan seluas 8 hektar, nyaris bebas dari eceng gondok yang memenuhi hampir semua area situ.

Ekskavator amphibi tampak teronggok di sisi timur situ agak ke utara di dekat salah satu daratan.

Karenanya eceng gondok mulai kembali memenuhi area situ terutama di sisi utara. Bukan hanya itu, eceng gondok juga bercampur dengan sampah dan tumpukan lumpur hasil sedimentasi atau pedangkalan situ.

Banyaknya eceng gondok dan sampah ini hampir memenuhi sepertiga bagian situ. Padahal sepekan lalu, atau akhir Desember 2014 lalu tepatnya Minggu, 21 Desember 2014, hampir separuh lebih bagian situ sudah bebas dari eceng gondok terutama di sisi utara.

Rojali (52), warga yang tinggal tak jauh dari Situ Pengarengan, mengatakan, aktivitas normalisasi Situ Pengarengan berhenti atau sudah tidak ada lagi sejak Kamis, 25 Desember 2014 atau sepekan sebelumnya.

“Terakhir ada pengerjaan normalisasi, Selasa atau 23 Desember lalu. Sejak itu, gak ada lagi pembersihan eceng gondok. Karena berhenti, jadinya eceng gondoknya mulai penuh lagi di bagian utara situ,” kata Rojali di lokasi normalisasi di Situ Pengarengan, Minggu (4/1).

Rojali mengaku tidak adanya pengerjaan sejak akhir Desember lalu sangat disayangkan oleh warga karena akibatnya eceng gondok kembali memenuhi situ.

“Kan sayang jadinya. Seharusnya setiap hari normalisasi dengan pembersihan eceng gondok harus selalu ada,” ujarnya.

Menurutnya, dari informasi yang didapatnya berhentinya aktivitas normalisasi itu karena Pemkot Depok meliburkannya sementara waktu karena akhir tahun.

Kepala Bina Marga Sumber Daya Air (Bimasda) Kota Depok, Yulistiani Mochtar membenarkan belum dimulainya kembali normalisasi situ yang sempat dihentikan sejak akhir Desember 2014. “Akan dimulai lagi normalisasinya awal Januari 2015 dan kembali dibersihkan eceng gondoknya,” kata Yulistiani.

Frd/wartakota.tribunnews.com

Recommended For You

About the Author: fredrick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *