fbpx

PASANU Siap Tanamkan Semangat Nusantara yang Rahmatan Lil Alamin

pasanuMeski baru terbentuk dua tahun lalu, namun Paguyuban Santri Nusantara (PASANU) siap eksis di kancah nasional. Hal ini dikatakan ketua umumnya, Misbah Syam, saat syukuran sekretariat PASANU di Sawangan Depok, beberapa waktu lalu.

Menurut pria yang aktif sebagai pendakwah ini, PASANU didirikan untuk mengakomodir para santri agar terus berorganisasi dan menjalani silahturahmi meski telah lulus dari ponpes. “Saat ini anggota PASANU sudah tersebar di seluruh Indonesia,” ucap Syam, sapaan akrabnya, kepada Depoklik.

Selain berdakwah dari sisi agama, nilai-nilai kehidupan dan sosial di masyarakat seperti masalah lingkungan juga menjadi agenda PASANU dalam mensyiarkan ajaran Islam.

“Kami akan ke grass root melakukan tindakan nyata mensosialisasikan masalah lingkungan ke umat,” ungkapnya.

Senada dengan Syam, dewan penasehat PASANU, Heri ‘Gonku’ Syaefudi, juga berharap agar institusi agama seperti ini bisa terjun langsung ke masyarakat dalam mengkampanyekan nilai-nilai lingkungan agar membawa rahmat ke seluruh alam.

“Semoga organisasi kita ini bisa memberikan warna dalam berbangsa dan beragama. Selain itu juga mampu menerapkan nilai-nilai Islam yang Rahmatan Lil Alamin,” tutur Heri.

Selain itu, Heri yang aktif sebagai koordinator Forum Komunitas Hijau (FKH) Kota Depok ini menambahkan bahwa para santri harus mampu membuka diri dalam pergaulan dengan mengedepankan spirit kenusantaraan. Menurutnya keberagaman di Indonesia adalah satu hal yang patut disyukuri.

“Keberagaman adalah satu kesatuan yang memperkuat dalam kebersamaan. Majelis seperti ini sudah lama kita impikan dan akhirnya terwujud. Kita harus menatap masa depan yang dirangkum dalam kekuatan besar yang berguna dan berkat ke seluruh kehidupan” tutup Heri.

(baf)

Leave a Comment