fbpx

Pembangunan Kacau, Tata Ruang di Depok Perlu Dibenahi

Ilustrasi-Pembangunan di Kota Depok dinilai semrawut dan perlu dibenahi (istimewa).
Ilustrasi-Pembangunan di Kota Depok dinilai semrawut dan perlu dibenahi (istimewa).

Depoklik.com – Pembangunan di Kota Depok dinilai semakin kacau. Buruknya tata ruang menjadi penyebab utama kesemrawutan kota penyangga Jakarta itu.

Ketua Program Pascasarjana Geografi Universitas Indonesia (UI), Tarsoen Waryono mengatakan, rencana tata ruang wilayah (RTRW) jangka panjang Kota Depok perlu dibenahi. Sebab, pembangunan yang tidak terkontrol menimbulkan kemacetan dan banjir saat musim hujan.

“Bila RTRW tidak dibenahi, jalan-jalan di Kota Depok akan menyempit. Kota ini nyaris tak memiliki trotoar yang layak. Pejalan kaki harus berebut dengan kendaraan, parki liar, pedaganga kaki lima,” kata Tarsoen, Minggu (22/3).

Menurutnya, dua ribu hektar lahan untuk ruang terbuka hijau (RTH) harus bisa kembalikan kepada fungsinya. Sebab, banyak bangunan komersil dan pemukiman yang berdiri di lahan RTH.

“Untuk menyelamatkan RTH, perlu dibangun pola perumahan rakyat berbentuk vertikal. Perbanyak rumah susun. Kalau rumah dibangun horisontal, lahan semakin sempit,” ujarnya.

Selain itu, untuk menjadikan Depok kota maju berbasis teknologi, ikon Depok harus diubah, dari Kota Belimbing menjadi Kota Pendidikan. Sebab, Depok memiliki banyak perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri.

Sumber: metrotvnews.com

Recommended For You

About the Author: fredrick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *