Pemerintah Siapkan Dana Abadi Pendidikan Untuk Pasca Sarjana

Pemerintah akan menyiapkan dana abadi pendidikan untuk membiayai program beasiswa pendidikan pascasarjana, mulai tahun anggaran 2018.

Pemerintah akan menghemat anggaran untuk membentuk dana tersebut,

“Alokasi anggaran 20 persen untuk pendidikan tidak boleh digunakan untuk kegiatan rutin saja. Kita harus mengalokasikan beberapa untuk dana pendidikan,” kata Presiden Joko “Jokowi” Widodo, saat pertemuan untuk membahas anggaran 2018 di Istana Negara di Jakarta, Selasa.(4/04)

Sejak masa jabatan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pemerintah telah secara konsisten mengalokasikan 20 persen anggaran untuk pendidikan, seperti yang diatur dalam Konstitusi.

Jokowi tidak menentukan berapa banyak akan dialokasikan per tahun tetapi menyatakan bahwa dana itu diperkirakan mencapai Rp 400 triliun (US $ 30 miliar) pada tahun 2030.

“Kami sudah membuat perhitungan. Kita bisa memiliki Rp 400 triliun dana abadi pendidikan di tahun 2030. Hal ini dapat digunakan untuk pendidikan pascasarjana,” jelasnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menambahkan, dana tersebut kemudian akan bergabung dengan dana Indonesia Endowment for Education (LPDP), yang saat ini dikelola bersama oleh Departemen Keuangan, Departemen Kebudayaan dan Pendidikan dan Departemen Agama. (BBN)

Leave a Reply