Pemkot Depok Rencanakan Pembangunan Fly Over MARKASWANGI Guna Urai Kemacetan

Pemerintah Kota Depok menggagas pembangunan jembatan layang (flyover) untuk menghubungkan Jalan Margonda, Jalan Kartini, Jalan Dewi Sartika, dan Jalan Siliwangi yang nantinya disebut dengan flyover Markaswangi. Pembangunan flyover tersebut dirasakan sudah mendesak di tengah bertambahnya populasi kendaraan yang berakibat kemacetan parah di dejumlah titik di kota Depok terutama pada jam berangkat dan pulang kerja serta di hari libur.

Sejumlah perlintasan kereta api menghubungkan lima stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) di Depok yakni,  Citayam, Depok, Depok Baru, Pondok Cina, dan Universitas Indonesia (UI).
yang seringkali menjadi simpul titik kemacetan. “Jika kita punya flyover Markaswangi, maka masyarakat tak perlu melewati perlintasan rel kereta api bisa langsung naik flyover. Hal ini tentu dapat mengurai kemacetan,” ujar Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Depok, Manto di Balai Kota Depok, Jumat 16/10/2015.

Namun untuk membangun flyover Markaswangi tersebut membutuhkan anggaran fantastis yakni Rp3 triliun yang jumlahnya melebihi APBD Kota Depok. Pemkot Depok berharap pemerintah pusat khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dapat membantu dalam pembangunan flyover Markaswangi.

Pemkot Depok belum bisa memastikan apakah pembangunan bias dilakukan dalam waktu dekat “Sepertinya belum bisa dibangun 2016, kami belum tahu kapan apakah pemerintah pusat bisa bantu karena anggarannya butuh Rp3 triliun,” jelas manto.

Recommended For You

About the Author: Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *