fbpx

Pemkot Depok Tebar 100 Ribu Benih Ikan Di Tiga Situ

DEPOKLIK. Demi melakukan penambahan ikan air tawar di habitatnya, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Depok melakukan program penebaran benih ikan di tiga lokasi situ, yaitu Situ Cilodong, Situ Gadog, dan Situ Tipar.
“Benih ikan yang ditebar adalah ikan konsumsi,” ujar Kadistankan Kota Depok, Nunu Heryana dalam sambutannya, di Situ Cilodong, Sukmajaya, Depok, Kamis (29/9) pagi.
Total ada 100 ribu benih ikan air tawar yang ditebar di tiga situ tersebut. 70 ribu benih di antaranya merupakan bantuan dari Provinsi Jawa Barat melalui balai benih Cianjur. “Provinsi kenapa memberikan, karena Kota Depok selalu aktif dalam kegiatan provinsi,” ujar dia.
Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Walikota Depok, Mohammad Idris. Dalam arahannya Idris mengatakan bahwa sebuah kehormatan bagi Situ Cilidong dipilih sebagai pembuka program penaburan 100 ribu benih ikan di Kota Depok.
Menurutnya program penebaran benih ikan yang melibatkan elemen masyarakat merupakan bagian dari penerapan Smart City.
“Ternyata kota cerdas tidak hanya IT, yang lebih penting bagaimana kita bisa memanfaatkan potensi yang ada di kota dengan mengikutsertakan masyarakat dalam pembangunan,” ujar Idris.
Meski demikian Idris tidak memungkiri bila Depok masih belum memiliki situ yang sesuai dengan kriteria ideal. Namun, saat ini dirinya telah mengajukan ke provinsi bantuan untuk merenovasi situ yang ada di Depok.
“Ada lima situ besar di Depok yang diajukan kepada gubernur untuk dijadikan lebih baik,” ujarnya.
Selain itu Idris juga menyebut peringatan hari ikan nasional dijadwalkan akan diselenggarakan di Kota Depok. Bila tidak ada halangan, tambahnya, Gubernur Jawa Barat  akan menghadiri kegiatan itu. “Nanti leading sektornya Distankan,” imbuh Idris.
Penebaran benih ikan juga dihadiri oleh Ketua PKK Kota Depok yang juga istri walikota, Elly Farida Idris dan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok, Kania Parwanti. Selain itu juga terlihat hadir perwakilan dari elemen masyarakat, seperti Forum Komunitas Hijau (FKH) Kota Depok, Pokja Situ Cilodong, Pokja Situ Gadog, dan Pokja Situ Tipar.
(baf)

Leave a Comment