fbpx

Penanaman 1000 Pohon Demi Ciliwung Lebih Baik

Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) mengadakan gerakan Run Foriver dalam bentuk lomba lari yang bertempat di Universitas Indonensia, Depok, Minggu (12/5) lalu. Gerakan ini merupakan bagian dari Program Adopsi Sungai yang bertujuan untuk menyebarluaskan semangat kepedulian terhadap Ciliwung dengan tema “Satu Pelari Satu Pohon Untuk Ciliwung Yang Lebih Baikâ€.

Telah terkumpul 900 peserta yang mengikuti lomba lari tersebut, itu berarti akan ada 900 pohon yang akan ditanam di Hulu Sungai Ciliwung. Penanaman ppohon tersebut menggunakan konsep Restorasi Kawasan dengan bekerja sama dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), UI, dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai pihak donatur.

Foto: Mapala UI

Menurut Ketua Mapala UI, M. Ismatullah, kegiatan penanaman dilakukan tidak jauh dari hulu sungai Ciliwung. Hal ini dilakukan sebagai cara untuk memaksimalkan fungsi penyerapan air hujan dan meminimalisasi erosi pada daerah Hulu.

Rangkaian kegiatan Restorasi Kawasan ini akan berlangsung selama 2,5 tahun mencakup penanaman pohon, Monitoring dan evaluasi penanaman, perlindungan dan pengamanan tanaman, penyuluhan masyarakat, serta pemberdayaan masyarakat sekitar.

“Pada dasarnya, rentang waktu 2,5 tahun adalah cara untuk memastikan bibit tanaman yang kita tanam akan tumbuh semestinya dengan perawatan dan pengawasan secara berkala†ujarnya.

Peresmian wilayah Restorasi Kawasan akan dilakukan pada hari Sabtu, 27 Juli 2013. Peresmian akan dilakukan oleh pihak UI, Mapala UI, TNGGP, Kehutanan, PLN sebagai donatur dalam program penanaman ini.

“Selain itu, kami juga mengundang pihak-pihak yang turut membantu terutama dalam perhelatan Lomba Lari Mapala UI Half Marathon Run Foriver, seperti para charity Runner, Berlari untuk Berbagi, AHM, Trimegah, PGN, serta para media yang ikut mempublikasikan kegitan ini.†jelasnya.

Kedepannya, Isma berharap lebih banyak pihak yang bergabung dalam program ini, sehingga harapan tentang Ciliwung yang lebih baik bisa direalisasikan dengan baik.

 

Leave a Comment