fbpx

Peran Aktif Pengajar dan Orang Tua, Ciptakan Generasi Sehat

Semakin muda usia perokok bahkan sudah menginjak usia pendidikan dasar, membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Jawa Barat resah. Senin (28/11) kemarin, Dinkes memberikan sosialisasi bahaya merokok kepada kurang lebih seratus remaja yang terdiri dari pelajar dan karang taruna dari sebelas kecamatan di Depok.

Acara yang berlangsung di Gedung MUI Jalan Nusantara, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas juga sosialisasikan fenomena kecanduan rokok di kalangan pelajar. Fenomena tersebut tentu menjadi kecemasan berbagai pihak, terutama orang tua.

Siti Maesah (53), warga Tanah Baru khawatir bahaya merokok akan berimbas pada anak-anaknya. “Lingkungan eksternal bisa mempengaruhi seseorang untuk merokok. Jangan sampai di sekolah, kepala sekolah dan guru ketat mengawasi pelajar, tetapi orang tua masa bodoh sehingga anak pun menjadi terjerumus dalam pergaulan yang tidak sehat,†ujarnya.

Dalam acara tersebut, dibahas pula bahwa pencegahan kebiasaan merokok sejak dini di kalangan pelajar juga amat membutuhkan peran pengajar.  Kepala sekolah, guru, dan orang tua dinilai sangat penting. Tanpa sinergi ketiga pihak upaya menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas akan sia-sia.

Dian Irmasari

Foto: suaramerdeka.com

Leave a Comment