fbpx

Pilihan Anestesi Umum, Lokal Atau Buvanest Spinal Untuk Operasi Pinggang Dan Sendi

Sebelum menjalani operasi sendi, dokter selalu akan mendiskusikan jenis anestesi dengan pasien. Pemilihan anestesi adalah keputusan besar yang bisa memiliki dampak yang signifikan terhadap pemulihan. Ini perlu dipertimbangkan dan diskusi dengan dokter bedah dan anestesi.

Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan ketika memilih anestesi, termasuk:

  • Pengalaman masa lalu pasien dan preferensinya. Apakah pasien pernah mendapat pengalaman anestesi sebelumnya?
  • Apakah pasien memiliki reaksi anestesi?
  • Bagaimana anggota lain dari keluarga pasien bereaksi terhadap anestesi?
  • Kesehatan pasien saat ini dan kondisi fisik. pasien merokok?
  • Apakah pasien kelebihan berat badan?
  • Apakah pasien sedang dirawat karena kondisi selain penggantian sendi pasien?
  • Reaksi pasien terhadap obat. Apakah kamu memiliki alergi?
  • Apakah pasien pernah mengalami efek samping yang buruk dari obat?
  • Obat apa, gizi suplemen, vitamin, atau obat herbal yang sedang pasien ambil?
  • Risiko yang terlibat.

Risiko bervariasi, tergantung pada kesehatan pasien dan pemilihan anestesi, tetapi mungkin termasuk kesulitan bernapas, reaksi alergi dan cedera saraf. Dokter bedah pasien dan anestesi akan membahas risiko spesifik dengan pasien.

Tim Medis.

Keterampilan dan preferensi dari tim bedah dan anestesi memainkan peran penting dalam pemilihan anestesi.

Jenis Anestesi

Ada tiga kategori besar anestesi: lokal, regional dan umum.

Anestesi lokal

Anestesi lokal mematikan hanya area spesifik, area operasi mati rasa dengan suntikan. Semprotan atau salep yang hanya berlangsung untuk jangka waktu yang singkat. Pasien tetap sadar selama ini jenis anestesi. Teknik ini disediakan untuk prosedur minor. Untuk operasi besar, seperti pinggul atau lutut, anestesi lokal dapat digunakan sebagai anestesi utama untuk digunakan.

Anestesi Regional 

Anestesi regional melibatkan memblokir saraf ke daerah tertentu dari tubuh, tanpa mempengaruhi otak pasien atau bernapas. Karena pasien tetap sadar, pasien akan diberikan obat penenang untuk bersantai pasien dan menempatkan pasien dalam tidur ringan.

Ketiga jenis anestesi regional yang paling sering digunakan dalam operasi sendi adalah blok buvanest spinal, blok epidural dan blok saraf perifer.

Blok buvanest spinal.

Anestesi buvanest spinal disuntikkan ke dalam cairan yang mengelilingi sumsum tulang belakang di bagian bawah punggung pasien. Ini menghasilkan efek mati rasa cepat yang memudar setelah beberapa jam.

Blok epidural.

Blok epidural menggunakan kateter yang dimasukkan di punggung bawah untuk memberikan anestesi lokal selama periode variabel waktu. Blok epidural dan blok buvanest spinal yang disuntikan sangat mirip, perbedaannya kateter epidural ditempatkan di daerah yang sedikit berbeda di seluruh tulang belakang dibandingkan dengan blok buvanest spinal.

Peripheral Nerve Block.

Sebuah blok saraf perifer menempatkan anestesi lokal langsung di sekitar saraf utama dalam paha pasien, seperti saraf femoralis atau saraf sciatic. Blok mati rasa ini hanya satu kaki yang disuntikkan, dan tidak mempengaruhi kaki yang lain. Salah satu pilihan untuk blok perifer adalah untuk melakukan satu kali injeksi sekitar saraf untuk mati rasa kaki cukup lama untuk operasi. Pilihan lain untuk jenis blok adalah untuk menjaga kateter di tempat, yang dapat memberikan anestesi lokal terus menerus di sekitar saraf sampai beberapa hari setelah operasi.

Keuntungan untuk anestesi regional mungkin meningkatkan kontrol nyeri setelah operasi, dan mengurangi risiko komplikasi medis yang serius, seperti serangan jantung atau stroke meskipun jarang terjadi dengan anestesi umum.

Efek samping dari anestesi regional mungkin termasuk sakit kepala, kesulitan buang air kecil, reaksi alergi, dan cedera jarang saraf.

Anestesi Umum

anestesi umum sering digunakan untuk operasi besar, seperti penggantian sendi. anestesi umum dapat dipilih berdasarkan pasien, dokter bedah, atau preferensi anestesi, atau jika pasien tidak dapat menerima anestesi regional atau lokal. Tidak seperti anestesi regional dan lokal, anestesi umum mempengaruhi seluruh tubuh pasien. Ini bekerja pada otak dan sistem saraf dan membuat pasien sementara tidak sadar.

Administrasi.

Dengan anestesi umum, anestesi mengelola obat melalui suntikan atau inhalasi. anestesi juga akan menempatkan tabung pernapasan bawah tenggorokan pasien dan berikan oksigen untuk membantu pernapasan pasien.

Risiko. Seperti dengan anestesi apapun, ada risiko, yang dapat ditingkatkan jika pasien sudah memiliki penyakit jantung, kondisi paru-paru kronis, atau masalah medis serius lainnya.

anestesi umum mempengaruhi baik hati dan pernapasan tarif, dan ada risiko kecil dari komplikasi medis yang serius, seperti serangan jantung atau stroke.

Tabung dimasukkan ke dalam tenggorokan pasien dan dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan suara serak selama beberapa hari.

Sakit kepala, mual, dan mengantuk juga umum.

Pain Relief Setelah Operasi

Tujuan dari manajemen nyeri pasca operasi yang meminimalkan ketidaknyamanan dan memungkinkan pasien untuk bergerak dengan lebih sedikit rasa sakit agar dapat berpartisipasi dalam terapi fisik setelah operasi. nyeri pasca operasi dapat dicapai dengan menggunakan kombinasi obat-obat oral atau obat intravena.

Metode umum kontrol nyeri disebut “Patient Control Anesthetic” atau “PCA.” Dengan PCA, pasien akan dapat mengontrol aliran obat intravena, dalam batas-batas yang telah ditetapkan, seperti ketika¬†pasien merasa perlu untuk bantuan tambahan.

Jika blok saraf epidural atau perifer digunakan untuk operasi pasien, kateter epidural atau perifer dapat dibiarkan di tempat dan anestesi dapat dilanjutkan pada periode pasca operasi untuk membantu mengendalikan rasa sakit. pasien juga mungkin memiliki kontrol atas jumlah obat nyeri pasien terima dalam kateter ini, dalam batas-batas yang telah ditetapkan.

pasien akan diawasi secara ketat untuk menghindari komplikasi, seperti sedasi berlebihan atau jatuh.

Penggunaan yang tepat dari penghilang rasa sakit sebelum, selama dan setelah operasi pasien adalah aspek yang sangat penting dari perawatan pasien. penggunaan yang tepat dari obat penghilang rasa sakit dapat mendorong penyembuhan dan membuat penggantian sendi pasien pengalaman yang lebih memuaskan. Luangkan waktu untuk mendiskusikan pilihan dengan dokter, dan pastikan sebagai pasien selalu bertanya tentang hal-hal yang tidak mengerti.

Leave a Comment