Rapat Koordinasi, RW 05 Pondok Cina Berencana Dirikan Posyandu

RW 05, Pondok Cina adakan rapat koordinasi dengan warga untuk membahas pembangunan posyandu (foto: Wahyu/Depoklik).
RW 05, Pondok Cina adakan rapat koordinasi dengan warga untuk membahas pembangunan posyandu (foto: Wahyu/Depoklik).

Keberadaan posyandu di tengah-tengah warga, khususnya di Kelurahan Pondok Cina, Depok diharapkan menjadi pusat kegiatan masyarakat. Warga sebagai penggerak sekaligus juga dapat memperoleh pelayanan kesehatan. Selain itu posyandu dapat dimanfaatkan warga sebagai sarana untuk tukar menukar informasi, pendapat dan pengalaman, serta bermusyawarah untuk memecahkan berbagai masalah. Untuk itu, RW 05, Pondok Cina bersama LPM mengadakan rapat koordinasi untuk mendirikan posyandu di lingkungannya.

Ketua RW 05, Pondok Cina, Wahyudin mengatakan, rapat ini bertujuan membahas pembangunan posyandu yang selama ini dinilai belum berjalan dan terkesan “mati suri”. Oleh karena itu menurutnya perlu dikumpulkan seluruh elemen masyarakat di RW 05 untuk menyumbangkan pemikiran dan kontribusi dalam pembangunan posyandu.

“Saya selaku Ketua RW 05, Kelurahan Pondok Cina, mengumpulkan masyarakat di sini untuk diminta pendapatnya demi menyukseskan hajat ini. Dikarenakan tanpa peran serta masyarakat pembangunan ini tidak akan berjalan mulus seperti yang diharapkan semula,” kata dia kepada Depoklik.com, Selasa (20/1).

Hal senada juga diungkapkan Ketua Panitia Pembangunan Posyandu, Budi Santoso. Menurutnya, posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan.

“Mengingat pentingnya posyandu terdapat di lingkungan, memang seharusnya dirapatkan secara musyawarah bersama Ketua LPM, tokoh masyarakat, dan pemuda. Yang nantinya diharapkan munculnya ide-ide dan pemikiran untuk menyukseskan pembangunan, dan setelah terbangun dapat bermanfaat untuk semua masyarakat,” kata Budi.

Dalam rangka sosialisasi pembangunan posyandu, pengurus RW 05 melakukan rapat RW di aula Kelurahan Pondok Cina. Acara ini turut dihadiri oleh ketua RT, Ketua LPM, perwakilan pemuda, dan sejumlah perwakilan dari kecamatan.

Frd

Recommended For You

About the Author: fredrick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *